Hoax! Bela Mahfud MD, Warga Gelar Aksi Mengubrak-abrik DPR

13 April 2023 - 06:45 WIB
kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar sebuah postingan video di Facebook dengan klaim ribuan warga mengubrak-abrik Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Disebutkan, aksi tersebut merupakan pembelaan para warga terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Rabu (12/4/23), gambar yang termuat dalam thumbnail tersebut identik dengan gambar yang ada pada lamantempo.co terkait artikel penentangan mahasiswa terhadap beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dianggap bermasalah. 

Baca Juga:  Kapolda Jambi Temui Deputi Staf Kepresidenan, Ini yang Dibahas

Gambar tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan judul maupun isi video dalam unggahan video itu sendiri tidak ditemukan informasi konkret terkait ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI.

Dalam unggahan video tersebut sang narator hanya membacakan artikel milik republika.co.id terkait dukungan para buruh kepada Mahfud MD atas pembongkaran skandal dugaan tindak korupsi dan pencucian uang di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Kementerian Keuangan.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment