Polda Riau dan Polres Pekanbaru Raih Penghargaan Kompolnas Award 2022

9 December 2022 - 09:32 WIB
Foto : Dok. Humas Polda Riau

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Kompolnas anugerahi penghargaan kepada Polda Riau dan Polresta Pekanbaru. Penghargaan tersebut diberikan pada ajang Kompolnas Award 2022, Kamis (8/12/22). Polda Riau menduduki peringkat ketiga, sedangkan Polresta Pekanbaru meraih juara pertama atas inovasi dan pelayanan kepada masyarakat selama masa pandemi.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh Ketua Kompolnas, Mahfud MD yang juga Menko Polhukam, Wakapolri, Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., dan Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol. (Purn) Dr. Benny Mamoto, S.H., M.Si.

Ketua Harian Kompolnas mengatakan, pihak yang menjuarai penghargaan ini telah memenuhi kriteria inovasi, crime total and crime clearance, restorative justice, pencapaian vaksinasi, hingga pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Baca Juga : Polri dan Kepolisian Papua Nugini Sepakat Berantas Kejahatan Lintas Negara

"Untuk Polda Riau masuk sepuluh besar, kalau Polresta Pekanbaru terbaik se-Indonesia atas inovasi, pelayanan, restorative justice, capaian vaksin, dan pemulihan ekonomi di masa pandemi," jelas Ketua Harian Kompolnas, dilansir dari jpnn.com, Kamis (8/12/22).

Irjen Pol. (Purn) Dr. Benny Mamoto, S.H., M.Si., menjelaskan, komisioner Kompolnas sudah turun langsung ke wilayah kesatuan yang masuk sepuluh besar pelayanan terbaik di Korps Bhayangkara tersebut.

"Semua kami analisis datanya, dicross check datanya dan verifikasi ke Polri. Kemudian setelah mengerucut sepuluh besar, baru kami ke daerah melihat langsung, kami lihat inovasi yang dibuat. Bhabinkamtibmas dan untuk Pekanbaru, kami lihat sendiri anggota dapat memberdayakan masyarakat pada sektor ekonomi," jelas Ketua Harian Kompolnas.

Khusus untuk Polda Riau, tim Kompolnas melihat pelayanan dan fasilitas yang ada sangat layak. Termasuk transparansi saat menangani perkara yang masuk ke Polda Riau dan jajarannya. "Pelayanan publiknya bagus, transparan, ramah, banyak inovasi dilakukan. Bahkan kami juga wawancarai masyarakat terkait pelayanan, semua fakta-fakta ini kami temukan. Ada Bhabinkamtimas juga bisa membantu masyarakat, diakui betul sama masyarakat dan mereka jaga keamanan," ungkap Ketua Harian Kompolnas.

Staf Khusus kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI, Rizal Mustari menambahkan, kepemimpinan Irjen Iqbal turut mengangkat aspek pelayanan di Polda Riau.

“Itu adalah prestasi yang tepat dan sangat layak. Di mata saya Irjen Mohammad Iqbal itu merupakan perwira tinggi Polri yang memiliki dedikasi sangat tinggi, profesional, dan kreatif sehingga pantas mendapatkan hasil yang baik dan membanggakan pada setiap tugas yang diberikan. Sangat pantas untuk dicontoh,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Riau mengungkapkan, pelayanan dan komunikasi yang terbuka adalah program prioritasnya saat pertama kali menjabat. Bahkan, Kapolda Riau memerintahkan seluruh Polres dan jajaran bisa lebih dekat dengan masyarakat.

"Saya selalu sampaikan di awal bahwa kami harus dekat kepada masyarakat, harus kami jadi sahabat masyarakat, dan juga buka seluas-luasnya komunikasi. Bahkan saya bilang jadi polisi itu harus dicintai masyarakat," ungkap mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

Kapolda Riau menjelaskan, khusus untuk penanganan konflik, Kapolda Riau memastikan seluruh Kepala Daerah terlibat. "Penyelesaian konflik-konflik itu kami target memang ke Polres. Termasuk mendorong kepala daerah ini bentuk tim penyelesaian konflik, karena kalau konflik ada pasti nanti muaranya gangguan keamanan, muaranya ke pemerintah, ekonomi turun dan lainnya," jelas Mantan Kapolda NTB tersebut.

Kapolda Riau bersyukur, kerja kerasnya bersama jajaran membuahkan hasil. Dia pun menyampaikan penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh jajarannya di Polda Riau.

“Award ini menjadi vitamin bagi kami semua Polda Riau agar lebih optimal memelihara kamtibmas,memberikan perlindungan,pengayoman dan pelayanan dengan tulus dan ikhlas kepada masyarakat. Melakukan penegakan hukum profesional dan berkeadilan,” ungkapnya.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment