Polda Banten Terapkan Delaying System Antisipasi Penumpukan Kendaraan di Pelabuhan Merak Saat Mudik Lebaran

13 April 2023 - 10:30 WIB
Wikipedia

Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) telah menyiapkan strategi dalam mengantisipasi penumpukan kendaraan selama arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes. Pol. Firman Darmansyah, mengatakan akan menerapkan Delaying system di rest area mulai dari Tol Tangerang-Merak.

"Delaying system akan diterapkan, pertama di rest area KM 43 dan KM 68. Nanti kendaraan yang antrean membeli tiket silakan di-screening di dua rest area itu," jelas Kombes. Pol. Firman Darmansyah seperti dilansir Medcom, Rabu (12/4/23).

Baca Juga:  Polres Tangerang Buka Layanan Titip Kendaraan Gratis Selama Masa Mudik Lebaran

Ia menyebutkan bahwa pihaknya pun akan menerapkan delaying system di Pelabuhan Pelindo II, agar mengantisipasi penumpukan antrean kendaraan.

"Delaying system ada, salah satu jalur kita gunakan untuk antrean menuju ke Pelabuhan Pelindo II. Personel kita akan posisikan banyak di situ, karena ada masyarakat di jalur tersebut yang berjualan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pihaknya pun akan menerapkan sistem buka tutup di Jalan Cikuasa Atas untuk mengantisipasi adanya kemacetan menuju Pelabuhan Merak. Selain itu, lanjutnya, akan diatur alur lalu lintas kendaraan truk yang hendak menuju Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Diakhir kesempatan Kombes. Pol. Firman menambahkan, pihaknya juga akan menempatkan tim pengurai kemacetan di sepanjang jalur arteri mulai dari Kabupaten Tangerang hingga menuju Pelabuhan Merak, Cilegon.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment