Menteri Airlangga Sebut Ada Peran Signifikan Polri dalam Pengendalian Inflasi

8 February 2023 - 14:29 WIB
Menteri Perekonomian

Tribratanews.polti.go.id- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Polri memiliki peran yang signifikan dalam pengendalian inflasi. Ia menyebut, Kapolri Jenderal. Pol. Listyo Sigit Prabowo masuk dalam anggota tim pengendalian inflasi pusat atau TPIP. 

"Peran strategis Polri terutama dalam hal pengawasan pasokan dan distribusi di level nasional dan daerah," ujar Menteri Airlangga di Rapim Polri-TNI 2023 di Jakarta pada Rabu (8/2/2023).

Baca juga : Menteri Luhut: Polri-TNI Berperan Penting Jaga Keamanan untuk Tarik Investor Masuk ke Indonesia

Menteri Airlangga mengatakan, dalam implementasi pelaksanaan tugas Polri dalam TPIP, dilaksanakan melalui Satgas Pangan hingga level daerah, serta bersinergi dan berkoordinasi dengan TPIP provinsi/kabupaten/kota.

Adapun untuk peran Satgas Pangan Polri itu, menurut Menteri Airlangga, ada enam poin. Pertama, melakukan monitoring, pengawasan, serta pengecekan terhadap ketersediaan pasokan dan harga pangan di lapangan. 

Lalu, berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait harga acuan secara periodik serta pembinaan kepada pelaku usaha agar mematuhi kebijakan harga acuan. "Berkoordinasi dengan stakehorlder terkait pangan, memastikan kelancaran pendistribusian bahan pokok, memastikan konsumen/masyarakat mendapatkan harga yang adil, dan melakukan penegakan hukum di bidang pangan," ujar Menteri Airlangga.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment