KSP Harap Kerja Sama Indonesia-Australia Ciptakan Stabilitas Kawasan

25 January 2023 - 08:00 WIB
Antara

Tribratanews.polri.go.id - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berharap kerja sama bilateral Indonesia dan Australia terus meningkat. Hal itu untuk memastikan terciptanya stabilitas kawasan.

“Jika Indonesia merupakan negara terbesar di Asean, maka Australia adalah negara terbesar di Pasifik. Oleh sebab itu penting bagi kedua negara bersahabat ini untuk memastikan terciptanya stabilitas kawasan tersebut melalui berbagai kerja sama,” ucap Moeldoko saat menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Departemen Pertahanan Australia Greg Moriarty di Jakarta, Selasa (24/1/23).

Baca juga : Menhan Serahkan 25 Kendaraan Operasional Babinsa Solo

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Moeldoko menyampaikan pentingnya hubungan bilateral kedua negara terutama pada tahun ini karena Indonesia memegang Keketuaan ASEAN 2023 dan baru saja sukses menjadi Presiden G20.

Moeldoko mengatakan, peningkatan kerja sama kedua negara, dapat melalui berbagai aspek seperti politik, ekonomi, sosiokultural, pendidikan, dan pertahanan. Ia juga optimistis bakal meningkatnya kerja sama ekonomi kedua negara yang telah terbangun selama 15 tahun. 

Australia merupakan negara investor terbesar ke-15 bagi Indonesia. Oleh karena itu, kata Moeldoko, Australia merupakan salah satu mitra strategis bagi Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

“Walaupun begitu, penting bagi kita untuk menguatkan common understanding secara integratif dan kooperatif, misalnya tentang berbagai kebijakan terkait kawasan seperti ASEAN Outlook On The Indo-Pacific dan kesepakatan bilateral lainnya,” kata Moeldoko.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment