Indonesia-Malaysia Bahas Berbagai Persoalan untuk Perkuat Kerja Sama

7 February 2024 - 11:00 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia dan Malaysia sepakat membahas berbagai masalah untuk memperkuat kerja sama kedua negara. Di antaranya penyelesaian isu perbatasan dan hak anak-anak pekerja migran, serta peningkatan kerja sama ekonomi.

Pembahasan itu dilakukan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Malaysia, Mohamad bin Hasan, Selasa (6/2/2024). Dalam pertemuan itu, turut hadir Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Terkait isu perbatasan, Menlu Retno mengatakan kedua negara akan mencoba menyelesaikan perundingan yang belum selesai, baik menyangkut perbatasan darat maupun perbatasan laut Indonesia dan Malaysia. 

Baca Juga: Polda Babel Raih Nilai Hijau Dari Ombudsman RI Terkait Pelayanan Publik

Kedua Menlu juga membahas hak anak-anak pekerja migran Indonesia yang tinggal di Malaysia dan perlu mendapat akses pendidikan. “Kami harap community learning center seperti di Sabah dan Serawak juga diselenggarakan di wilayah Semenanjung," ujar Menlu Retno, Selasa (6/2/24).

Menlu Retno juga mengingatkan perlunya mekanisme bilateral khusus untuk membahas isu pekerja migran antara Indonesia dan Malaysia. "Hal ini harus segera diimplementasikan," tegas Menlu Retno.

Terkait kerja sama ekonomi Indonesia dan Malaysia, Menlu Retnomenegaskan komitmen kuat untuk terus diperkuat. Apalagi, Malaysia merupakan salah satu mitra perdagangan dan investasi terbesar bagi Indonesia.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment