Perlu Diketahui, Ini 10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

17 February 2023 - 08:00 WIB
Hello Sehat

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi, madu sangat baik jika dikonsumsi setiap hari. Namun, tetap disarankan untuk mengonsumsi madu sesuai dengan kebutuhan. 

Misalnya, mengonsumsi madu di pagi hari saat perut kosong dapat membantu pencernaan dan memberikan energi. Lalu, jika sedang mengalami sakit tenggorokan juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi madu.

Baca juga : Jarang Diketahui, Timun Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Lalu, apa saja manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut manfaatnya seperti dilansir dari detik.com, Kamis (16/2/23):

1. Meningkatkan imunitas tubuh
Madu memiliki senyawa fitonutrien yang diklaim dapat memperkuat sel-sel imun di dalam tubuh manusia. Selain itu, madu juga dipercaya berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti jamur.

2. Memulihkan luka lebih cepat
Madu ternyata juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Sejumlah penelitian mengatakan, kalau madu dapat membantu menghilangkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup bekas luka. Sejumlah jenis luka yang bisa disembuhkan oleh madu yaitu luka bakar, luka diabetes, dan lecet.

3. Menangkal radikal bebas
Selain meningkatkan imunitas tubuh, senyawa fitonutrien di dalam madu bisa menjadi antioksidan alami. Sehingga, madu dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh.

4. Menyehatkan jantung
Madu juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Hal ini karena terdapat senyawa fitonutrien di dalam madu yang berkhasiat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis.
Sejumlah peneliti mengungkapkan, kalau madu juga dapat menurunkan tekanan darah serta menghilangkan lemak di dalam darah.

5. Menjaga sistem pencernaan
Manfaat madu berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sejumlah peneliti mengungkapkan kalau madu disebut sebagai prebiotik, karena dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

6. Pemanis yang sehat
Madu diklaim sebagai pemanis alami yang menyehatkan. Bahkan lebih baik daripada gula yang dikonsumsi setiap harinya.
Sejumlah peneliti menemukan, kalau mengkonsumsi madu secukupnya dapat meningkatkan kadar adiponektin di dalam tubuh, yaitu

hormon yang mengurangi peradangan dan dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Meredakan batuk
Madu juga bermanfaat untuk meredakan batuk Sebab, rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur dan dapat melembabkan tenggorokan yang kering. Sehingga rasa gatal di tenggorokan akan hilang secara perlahan.
Tak hanya itu, madu juga bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan.

8. Mengurangi berat badan tubuh
Konsumsi madu secukupnya karena dapat mengurangi berat badan tubuh. Sehingga, kamu tidak perlu banyak-banyak mengonsumsi makanan manis dari gula karena bisa diganti dengan madu.

9. Merawat kulit
Madu juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap halus dan cerah. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Cobalah menggunakan masker berbahan madu atau kamu bisa membuat masker sendiri dari madu.

10. Menyembuhkan jerawat
Madu memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan karena jerawat. Maka dari itu, selain menyembuhkan jerawat madu juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment