Jarang Diketahui, Timun Kaya Manfaat untuk Kesehatan

16 February 2023 - 09:00 WIB
KlikDokter

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Timun merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di ladang, kebun, ataupun halaman rumah. Tanaman timun dapat tumbuh, baik pada tanah subur dan gembur dengan sinar matahari serta kelembaban udara tinggi.

Tapi ini yang jarang diketahui, ternyata timun memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam timun. Kandungan gizi yang dimiliki timun juga cukup baik dan merupakan sumber vitamin serta mineral yang berkhasiat untuk kesehatan.

Baca juga : Sederet Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan

Tak hanya itu, timun juga memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan. Inilah beberapa manfaat mengkonsumsi timun dilansir dari detik.com, Rabu (15/2/23). 

1. Menjaga dari dehidrasi
Timun terdiri dari 95 persen air yang membantu menjaga tubuh dari dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalam timun berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah keluar dari sistem. Sehingga mampu menghilangkan racun dalam tubuh. 

2. Menurunkan tekanan darah
Timun kaya akan serat, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, sejumlah peneliti menemukan, kandungan kalium dan air yang tinggi pada timun membuat sifat diuretiknya menjadi ringan. Sehingga timun dapat membantu mengatur tekanan darah.

3. Mengurangi lingkaran hitam di mata
Memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut mata panda, tentu tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena kurang tidur atau menderita penyakit tertentu.
Sebenarnya, untuk menghilangkan mata panda caranya mudah sekali. Siapkan satu buah mentimun. Lalu, iris tipis-tipis. Setelah itu. ambil beberapa irisan timun dan tempelkan di atas mata selama 8-10 menit. Cara tersebut dilakukan untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

4. Menghilangkan bau mulut
Timun juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut yang membuat seseorang tidak percaya diri saat berbicara. Maka, timun dipercaya dapat membantu melepaskan kelebihan panas di dalam perut yang menjadi faktor utama timbulnya bau mulut.
Caranya cukup mudah. Iris timun tipis-tipis. Lalu, tempelkan timun irisan tadi di langit-langit lidah menggunakan tangan selama 30 detik. Selama timun menempel, terjadi reaksi kimia di dalam timun yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Mengatasi kulit kering
Karena kandungan air yang tinggi dan sifat antiinflamasi dari timun, sehingga dapat mengatasi permasalahan kulit kering. Di antaranya luka akibat terbakar matahari.
Caranya, potong timun menjadi beberapa bagian lalu dibuat jus. Setelah jus timun sudah jadi, campur dengan yogurt atau air perasan lemon. Bila sudah, oleskan ke kulit yang kering dan diamkan sekitar 10-15 menit.

6. Menyegarkan kulit
Selain mengatasi kulit kering, jus timun juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium di dalam buah mentimun yang sangat cocok untuk merawat kulit tubuh dan wajah.
Caranya, timun diblender. Setelah timun berubah menjadi jus, kemudian oleskan secara perlahan ke seluruh tubuh agar kulit tampak lebih segar dan bersih.

7. Memperkuat rambut dan kuku
Karena di dalam timun terdapat banyak kandungan silika yang baik untuk perawatan serta pertumbuhan kuku dan rambut.

8. Membantu mengurangi keriput
Biji yang terdapat di dalam timun mengandung potasium dan vitamin E yang membantu mengurangi keriput, garis halus, noda, dan tanda penuaan lainnya di kulit.

9. Mengurangi bintik hitam di wajah
Berkat sejumlah kandungan vitamin dan nutrisi di dalam timun, hal ini dapat mengurangi efek bintik hitam di wajah.
Cara penggunaannya cukup mudah, timun bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Pertama, cuci sampai bersih buah timun dengan air, setelah itu potong menjadi beberapa bagian lalu diblender.
Setelah timun berubah menjadi jus, gunakan cairan tersebut menjadi masker wajah. Oleskan jus timun ke seluruh wajah dan tunggu sampai beberapa menit agar timun bereaksi, setelah itu bilas dengan air bersih dan rasakan manfaatnya.

10. Mengatasi jerawat
Kandungan vitamin C di dalam timun juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakannya juga praktis, gunakan masker dari timun dan oleskan ke wajah secara rutin saat sebelum tidur. Agar lebih cepat mengatasi jerawat yang membandel bisa ditambahkan perasan jeruk nipis ke dalam masker timun.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment