Kemenkes RI Akan Terus Pantau Temuan Tiga Anak Positif Polio di Aceh

25 November 2022 - 14:56 WIB
Foto : bogordaily.net

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian (Kemenkes RI) menemukan tiga anak positif virus polio tanpa adanya gejala lumpuh layu di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan yang dilakukan terhadap 19 anak berusia dibawah 5 tahun.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap 19 anak, didapati tiga anak positif virus polio" tegas Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, dr. Muhammad Syahril, dikutip cnbcindonesia.com, Kamis (24/11/22).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan mengatakan, sesuai dengan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ketiga anak tersebut tidak dimasukkan ke dalam kriteria kasus karena tidak memenuhi kriteria adanya lumpuh layu mendadak.

Baca : Kemenkes Minta Acara Nobar Piala Dunia Harus Vaksin Booster dan Tetap Gunakan Masker

 
Meskipun demikian, upaya pemantauan akan terus dilakukan, termasuk upaya skrining dari rumah ke rumah guna memastikan tidak ada tambahan kasus lumpuh layuh yang belum terlaporkan.

Polio (poliomielitis) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Dalam beberapa kasus, polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen bahkan kematian akibat adanya kegagalan atau terjadinya kelumpuhan sistem pernapasan.

WHO menyatakan status polio sebagai Public Health of International Concern (PHEIC) atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresehkan Dunia (KKMMD). Sebab, hingga saat ini obat untuk menyembuhkan polio masih belum ditemukan.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment