Kemenkes Pastikan akan Terus Kawal Pandemi Covid-19 Hingga Resmi Berakhir

17 February 2023 - 21:00 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Saat ini kondisi Covid-19 sudah melandai dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) telah dicabu, tetapi Kemenkes memastikan akan terus mengawal hingga pandemi Covid-19 resmi dinyatakan tuntas. Masyarakat diharapkan segera melakukan vaksinasi Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan kasus dan memperburuk kondisi Covid-19 yang sudah terkendali.

"Bulan November kemarin kan mengeluarkan tuh vaksinasi booster kedua hanya untuk tenaga kesehatan dan lansia, tapi kemudian banyak yang minta akhirnya prioritaskan kepada seluruh umur di atas 18 tahun, itu maksudnya begitu karena kita betul-betul mengawal pandemi ini sampai berakhir," jelas Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril dilansir dari laman pmjnews, Jumat (17/2/23).

Baca juga : Satgas Covid-19 Apresiasi Pengungkapan Sertifikat Vaksin Palsu di Batam

Menurut Juru Bicara Kemenkes, masa efektif antibodi setelah divaksin itu menurun setelah enam bulan. Dia pun menyarankan masyarakat yang sudah vaksin 1, vaksin 2, booster pertama lalu booster kedua setelah enam bulan.

"Jangan sampai kekebalan ini menurun sementara pandemi masih berjalan nah sehingga kita berharap dengan vaksin menambah kadar antibodi sehingga masyarakat dalam keadaan sehat walau sakit tidak dalam keadaan yang berat," ungkapnya.

“Kadang-kadang akses pelayanan kan sulit tuh dan diyakinkan sekarang bahwasanya stok vaksin cukup apalagi sekarang ada vaksin buatan dalam negeri tuh dan itu cukup memenuhi kebutuhan logistik kita dan juga tidak berbayar," tambah Juru Bicara Kemenkes.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment