Beberapa Tanda Penyakit Saat Kedinginan, Simak Gejalanya!

15 February 2023 - 09:57 WIB
CNNIndonesia

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Cuaca pada beberapa pekan terakhir ini diketahui tidak menentu, bahkan bisa hujan berhari-hari tanpa henti. Kondisi tersebut tentu akan menimbulkan cuaca dingin berkepanjangan setiap harinya. Dengan menggunakan pakaian yang sedikit lebih tebal, biasanya tubuh menjadi lebih baik untuk diajak beraktivitas meski udara dingin. 

Maka dari itu kita perlu tahu bahwa bisa jadi hal ini menunjukkan kita mengalami beberapa jenis penyakit kedinginan.

Baca juga : Sederet Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa jenis tanda penyakit saat kedinginan yang bisa muncul seperti dilansir dari rri.co.id, Selasa (14/2/23).

1. Anemia
Penyakit anemia terjadi saat sistem tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah normal untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bahkan, terdapat beberapa jenis anemia yang berbeda. Kecenderungan untuk merasa dingin merupakan salah satu gejala umum yang akan terjadi. Namun selain kedinginan, ternyata ada gejala lain dari anemia yang seperti kelelahan, terlihat pucat, dan detak jantung tidak teratur.

2. Hipertiroid
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berada di pangkal leher. Kelenjar ini membantu mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar ini tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, atau tubuh tidak dapat memproses hormon tersebut secara efektif. Artinya kita sedang mengalami hipertiroid. Selain merasa dingin, gejala hipertiroidisme lainnya antara lain menipisnya rambut, kulit kering, kelelahan.

3. Gangguan Pembuluh Darah
Jika kita merasa kedinginan menyerang area tangan dan kaki. Bisa jadi, ini merupakan pertanda bahwa kita sedang mengalami gangguan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke lengan dan kaki menjadi terbatas. Masalah pembuluh darah ini menyebabkan penyakit kedinginan, diantaranya seperti gangguan pembekuan, arteriosklerosis (penyempitan pembuluh darah) dan penyakit Raynaud (kejang penyempitan arteri jari). Selain itu, gejala dari gangguan pembuluh darah antara lain jari tangan dan kaki tampak putih atau kebiruan, kesemutan, berdenyut, atau mati rasa di lengan dan kaki, serta kulit berkeringat dan dingin.

4. Diabetes
Kerusakan ginjal yang terjadi akibat diabetes dikenal sebagai nefropati diabetik. Salah satu dari gejala nefropati diabetik ini adalah merasa kedinginan sepanjang waktu. Gejala lainnya dari nefropati diabetik seperti mual dan muntah, rasa gatal, kehilangan selera makan, sesak napas dan bisa mengalami kebingungan dalam hidup kita.

5. Anoreksia
Gangguan makan atau anoreksia menyebabkan seseorang sangat kurus akibat terlalu khawatir, karena kenaikan berat badan yang ia alami. Kedinginan adalah salah satu gejala yang dirasakan saat kita mengalami anoreksia. Gejala lainnya yang menunjukkan kita mengalami anoreksia antara lain, berat badan berada 15 persen di bawah berat badan ideal. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment