Sederet Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan

15 February 2023 - 05:00 WIB
Halodoc

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Manfaat brokoli hijau ini tak lain karena kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. 

Hampir setiap pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang memasukkan brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Baca juga : Ini Dia Beberapa Manfaat Jantung Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

Brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, air dan mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Berikut ini sederet manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari alodokter.com, Selasa (14/2/23): 

1. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah
Ini berkat kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang cukup banyak di dalam brokoli hijau.
Serat dan antioksidan pada brokoli hijau bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah. Sedangkan, kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

2. Mencegah kanker
Di dalam brokoli hijau terkandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru.
Selain itu, antioksidan di dalam brokoli hijau juga diduga berpengaruh dalam mengurangi peradangan. Efek ini diduga dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegahnya berubah menjadi kanker.

3. Melancarkan pencernaan
Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau, baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan lain di dalam brokoli hijau juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

5. Mencegah keriput
Brokoli hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, serta mengatasi kulit kering. Brokoli hijau juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda secara keseluruhan.

6. Meningkatkan kepadatan tulang
Brokoli hijau memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

Manfaat brokoli hijau juga dianggap baik untuk menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terjadinya diabetes. Brokoli juga baik dikonsumsi untuk yang sedang diet atau hendak menjaga berat badan. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan porsi makanan yang sesuai kondisi

Selain beragam manfaat di atas, brokoli juga baik untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal ini berkat kandungan folat dan ragam nutrisi lain di dalam brokoli hijau yang penting untuk diperoleh ibu hamil.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment