Jaga Kesehatan Mulut Hingga Tulang, Ini Sederet Manfaat Telur Rebus bagi Tubuh

5 March 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Telur ayam merupakan makanan sehat yang mengandung banyak gizi dan vitamin. Kandungan pada telur meliputi protein tinggi, rendah lemak, karbohidrat, vitamin A, hingga vitamin B1.

Pada umumnya, masyarakat mengolah telur dengan cara digoreng, entah itu dibuat telur ceplok atau dadar. Keduanya sama-sama enak untuk dimakan.

Kalau ingin lebih sehat, disarankan diolah dengan cara direbus. Tak hanya lebih mudah dan praktis dalam membuatnya, kandungan gizi dan vitamin pada telur rebus tidak banyak berkurang.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (3/2/24), berikut sederet manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Baca Juga: Ditlantas Polda Sumsel Raih Penghargaan Korlantas Polri

Manfaat yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Dilansir situs Web MD, telur rebus kaya akan sumber protein dan rendah lemak serta dapat mengurangi kalori yang masuk ke tubuh, sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet secara sehat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, mengkonsumsi telur rebus dapat menjaga kesehatan mata, lho. Sebab, telur mengandung sumber vitamin A yang baik untuk menjaga mata tetap sehat.

Tak hanya itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi, sehingga turut membantu menjaga kesehatan mata.

3. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi bagian putih telur rebus diyakini lebih sehat daripada kuning telur karena dapat mengontrol kolesterol. Jadi, setelah merebus satu buah telur sampai matang, kemudian pisahkan bagian kuning dari putih telur ke wadah terpisah. Kini, tinggal menikmati hidangan putih telur yang sehat dan bergizi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Telur rebus mengandung vitamin D dan protein yang baik untuk mendorong perkembangan prenatal. Kedua kandungan tersebut dapat menyehatkan tulang dan gigi serta pertumbuhan umum bayi selama masa kehamilan.

5. Sumber Kolin yang Tinggi

Dilansir Healthline, telur rebus merupakan sumber kolin yang tinggi. Sedikit informasi, kolin adalah nutrisi yang termasuk dalam kelompok vitamin B.

Nah, kolin bermanfaat bagi pembangunan membran sel serta memproduksi molekul pemberi sinyal di otak. Perlu diketahui, dalam sebuah telur rebus terdapat sekitar 100 mg kolin.

6. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain dari telur rebus adalah dapat mencegah risiko penyakit jantung, salah satunya dipicu oleh kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bawah mengkonsumsi telur rebus dapat menurunkan risiko penyakit jantung, namun disarankan mengkonsumsi bagian putih telur rebusnya saja.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Mengkonsumsi telur rebus dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi otak. Kombinasi protein dan kolin dalam telur rebus dapat membantu otak untuk bekerja secara optimal.

Disarankan mengkonsumsi telur rebus saat sarapan agar dapat beraktivitas dengan penuh konsentrasi sepanjang hari.

8. Membantu Penderita Anemia

Manfaat telur rebus yang terakhir adalah dapat membantu penderita anemia. Sebab, pengidap anemia kerap mengalami pusing karena kekurangan darah.

Untuk mengatasinya, disarankan rutin mengkonsumsi telur rebus. Soalnya, telur rebus mengandung zat besi tinggi yang dapat meningkatkan kinerja hemoglobin di dalam tubuh.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment