Tujuh Desa Terendam Banjir di Kapuas

2 April 2023 - 15:00 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan, banjir bandang menerjang Kawasan Kapuas Tengah, Kapuas, Kalimantan Tengah, sejak Rabu (29/3/23).

Dilansir dari pmjnews.com, banjir tersebut disebabkan hujan deras yang memicu luapan di wilayah aliran Sungai Kapuas. Adapun genangan banjir bandang merendam tujuh desa di Kecamatan Kapuas Tengah.

Baca juga : Jelang Lebaran, Polda Jabar Pantau Jalur Mudik

Sampai hari Sabtu (1/4/23), banjir masih merendam permukiman warga dengan tinggi muka air (TMA) antara 20-155 cm.

"Sebanyak kurang lebih 3.686 rumah yang ditinggali oleh 13.192 jiwa dari 4.488 KK telah terdampak," jelas Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari , Sabtu (1/4/23).

Di samping itu, 27 rumah ibadah, 27 fasilitas umum, 32 sekolah, 6 fasilitas kesehatan dan 55 titik akses jalan juga masih terendam banjir.

Saat ini, Pemkab Kapuas juga sudah mengeluarkan status tanggap darurat guna percepatan penanganan banjir wilayah Kapuas.

Sementara itu, pemerintah setempat juga telah mendirikan posko darurat berikut beberapa pos lainnya seperti dapur umum di halaman Kantor Kecamatan Kapuas Tengah dan pos layanan kesehatan bagi warga terdampak.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment