Polisi Bantu Evakuasi Kapal Tenggelam di Perairan Padu Empat

14 May 2023 - 16:30 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Pontianak. Polri melalui satuan (Ditpolairud) Kepolisian Daerah Kalimantan Barat membantu evakuasi kapal tenggelam di perairan Padu Empat Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubur Raya.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kapal tenggelam tersebut, nakhoda beserta lima orang ABK Kapal semuanya dalam keadaan sehat dan selamat," jelas Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes. Pol. Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M., Sabtu (13/5/23).

Ia mengungkapkan penyebab tenggelamnya Kapal KM Hasil Utama tersebut berawal saat kapal mengalami mati mesin, sementara anak buah kapal (ABK) sedang istirahat tidur.

Ketika nakhoda kapal melakukan pengecekan ke kamar mesin dan melihat kondisi kamar mesin sudah terendam air yang diduga disebabkan karena badan kapal mengalami kebocoran dan mesin pompa air tidak mampu memompa air keluar kapal, akibatnya air memenuhi kamar mesin yang menyebabkan mesin kapal mati.

Baca Juga:  Kurun Waktu 2 Bulan, Polisi Ringkus Bandar Narkoba dan Bongkar Penyelundupan Sabu Seberat 41 Kg di Medan

"Kebanyakan barang dagangan kelontong yang rencananya akan dibawa menuju Kabupaten Kayong Utara, namun dalam perjalanan terjadi peristiwa kapal tenggelam," ujarnya, seperti yang dilansir Antaranews.

Selanjutnya ia mengungkapkan belum bisa diperkirakan kerugian atas peristiwa tersebut, namun Ditpolairud Polda Kalbar bersama Babinsa membantu dan mengamankan proses evakuasi terhadap barang yang dibawa kapal tersebut.

Peristiwa tersebut, Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Pipit Rismanto, S.I.K, M.H., melalui Kabid Humas Polda Kalbar mengimbau kepada kepada masyarakat yang menggunakan sarana transportasi air agar mengecek kembali kelayakan alat transportasi airnya dalam hal ini perahu atau kapal demi keselamatan bersama.

Ia mengatakan kepada instansi terkait juga diimbau untuk memperketat pengecekan uji kelayakan terhadap kapal-kapal yang akan berlayar.

Selain itu, nakhoda kapal juga diminta untuk tidak menyepelekan kebocoran meskipun kecil, apalagi jika membawa muatan yang cukup banyak.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment