Jembatan di India Ambruk, 120 Orang Meninggal

31 October 2022 - 14:59 WIB
Foto : (moeslimchoice.com)

Tribratanews.polri.go.id - India. Tragedi mengerikan kembali terjadi. Kali ini, sebuah jembatan penyeberangan yang berusia 100 tahun, ambruk di negara bagian Gujarat, India pada Minggu (30/10/22) pukul 18.40 waktu setempat. Akibatnya, ratusan orang tercebur ke Sungai Macchu di Kota Morbi, India. Korban tewas dari informasi terbaru yang didapat berjumlah 120 orang.

"Sejauh ini, kami telah menemukan 120 jenazah. Jumlah korban kemungkinan akan terus bertambah karena operasi pencarian masih berlanjut," ungkap Kepala Polisi di kota barat Morbi, Gujarat, India, P. Dekavadiya, Minggu (30/10/22) malam.

Dilansir dari pmjnews.com, jembatan yang ambruk memiliki panjang 754 kaki atau sekitar 230 meter, yang dikenal sebagai “jembatan gantung”. Peristiwa mengerikan tersebut terjadi ketika jembatan penyeberangan di atas Sungai Machhu dipenuhi oleh wisatawan lokal yang sedang menikmati akhir pekan sekaligus liburan perayaan Diwali.

Baca juga : Badai Tropis Nalgae di Filipina, Tewaskan 72 Orang

Dari data yang ada, jembatan yang dibangun pada masa penjajahan Inggris pada abad ke-19 itu sempat ditutup selama enam bulan untuk renovasi. Baru dibuka lagi, pekan lalu. Jembatan yang dikenal sebagai Julto Pool itu memang situs populer bagi wisatawan di kawasan tersebut. Ratusan orang disebut memadati Julto Pool di saat bersamaan dan tak lama ambruk sekitar pukul 18.40 waktu setempat.

Sebelum insiden terjadi, video yang beredar di media sosial memperlihatkan jembatan penyeberangan itu sudah bergoyang karena dipadati pejalan kaki sejak siang hari. Selain karena usia infrastruktur yang sudah tua, jembatan itu disebut ambruk karena kelebihan muatan. Saksi mata mengungkapkan kepada Reuters, banyak anak-anak di jembatan itu yang jatuh ke sungai dan hanyut terbawa arus.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment