Dubes Lyudmila Harap Presiden Rusia Bisa Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

16 February 2023 - 14:20 WIB
cnnindonesia.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Duta Besar Rusia, Lyudmila Vorobieva, berharap Presiden Rusia Vladimir Putin hadir dalam acara konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Indonesia pada September mendatang. 

"Saya berharap presiden kami bisa datang. Itu harapan kami presiden bisa mengunjungi Indonesia tahun ini untuk pertemuan puncak ASEAN," ungkap Vorobieva saat konferensi pers di Jakarta, dikutip dari cnnindonesia.com Rabu (15/2/23).

Baca juga : PMI Serahkan Bantuan USD 100 Ribu Bantu Korban Gempa Turki

Menurut Varobieva, bila kedatangan Putin terjadi, maka hal itu akan berdampak baik bagi hubungan Rusia dengan ASEAN dan Indonesia. Lyudmila menambahkan, Rusia mendukung kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun ini.

"Saya harap keketuaan Indonesia di ASEAN dapat berjalan sebaik dan sesukses kepemimpinan di G20 tahun lalu," jelasnya.

Meski demikian, Dubes tersebut belum bisa memastikan apakah Putin bisa hadir.

Saat konferensi tingkat tinggi G20 pada November tahun lalu, Indonesia mengundang Putin untuk hadir dalam acara tersebut. Namun, akibat penolakan beberapa negara dan situasi yang kurang kondusif akibat invasi Rusia ke Ukraina, Moskow hanya mengirimkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov ke KTT G20.

Diketahui, Putin juga beberapa kali dikabarkan hendak berkunjung ke Indonesia. Namun, rencana itu selalu tertunda akibat situasi dalam negeri Rusia.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment