PMI Serahkan Bantuan USD 100 Ribu Bantu Korban Gempa Turki

12 February 2023 - 00:56 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan bantuan sebesar USD 100 ribu, untuk membantu korban gempa Turki. Penyerahan itu dilakukan oleh Ketua PMI, Jusuf Kalla (JK), kepada Kuasa Usaha kedutaan Turki Ömer Orhun Çelikkol di Kedutaan Turki, Jakarta, Jumat (10/2/23). 

“Palang Merah Indonesia dan tentu rakyat Indonesia bersama dengan pemerintah sangat berduka tentang apa yang terjadi di Turki dan Suriah. Karena itu saya mengharapkan kita semua membantu, sama dengan waktu Tsunami di Aceh itu Turki sangat membantu Indonesia,” ungkap Jusuf Kalla dikutip dari rri.co.id Sabtu (11/2/23).

Baca juga : KBRI Ankara Kembali Kirim Tim Evakuasi ke Lokasi Gempa Turki

Selain memberikan bantuan uang tunai yang akan disalurkan melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Bulan Sabit Merah Suriah, PMI juga akan mengirimkan tenaga medis yaitu terdiri 5 orang dokter dan perawat. Tim ini akan diberangkatkan menuju lokasi bencana pada 11 Februari 2023.

Lembaga bantuan kemanusiaan Internasional, IFRC telah merilis daftar kebutuhan mendesak untuk penyintas gempa di Turki dan Suriah. PMI beriinisiatif menghimpun dana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak tersebut.

Masyarakat dapat menyalurkan donasi untuk Turki dan Suriah ke rekening PMI yang telah didaftarkan secara resmi. Nomor rekening tersebut yakni:

Bank Mandiri
070-00-001 1601-7 atas nama Palang Merah Indonesia
swift code: BMRIIDJA
Bank BCA
206-300668-8 atas nama Kantor Pusat PMI
swift code: CENAIDJA
Bank BRI 0390-01-000030-30-3 atas nama Palang Merah Indonesia
swift code: BRINIDJA

Sementara itu Jusuf Kalla mengimbau kepada masyarakat yang akan menyalurkan donasi agar berhati-hati dengan penggalangan dana tidak resmi yang mangatasnamakan PMI.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment