Dirgakkum Korlantas Polri Tindak Tegas Pengendara Motor Lewat Trotoar

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Drs. Pujiyono Dulrachman, M.H., menindak tegas pengendara sepeda motor yang melintasi jalur trotoar di jalan RSPP Pertamina Kebayoran Baru, Selasa (12/3) pukul 17.30.

 

Sebagaimana ketahui bersama, trotoar diperuntukkan bagi pejalan kaki. Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, Pasal 131 yang disebutkan “Bahwa pejalan kaki berhak atas ketersedian fasilitas pendukung seperti trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain”.

 

Dirgakkum Korlantas Polri turun dari kendaraan dinasnya dan langsung menindak para pelanggar tersebut dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan serta pendidikan masyarakat bidang lalu lintas.

 

Bagi pelanggar atau pengendara yang menggunakan jalur trotoar terancaman sangsi sebagaimana diatur didalam Pasal 274 ayat 2 yang berbunyi ”Dimana setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi kelengkapan jalan dipidana dengan penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta”.

 

Kemudian juga disebutkan dalam Pasal 275 ayat 1 “Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki dan alat pengaman pengguna jalan, dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000”.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password