Press Conference Akhir Tahun 2018, Kapolres Minut Ungkapkan Keberhasilan

Tribratanews.polri.go.id – Manado. Polres Minahasa Utara menggelar Konferensi Pers akhir tahun 2018 bertempat di Aula Satya Haprabu, Senin (31/12/2018).

Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael, S.I.K., M.H., langsung memimpin gelar tersebut dan menyampaikan sejumlah informasi berkaitan dengan tugas selama tahun 2018. Kegiatan dihadiri Wakapolres Minut, PJU Polres Minut, perwira dan awak media cetak maupun elektronik.

Kapolres Minut mengatakan, bahwa dalam dua tahun terakhir Polres Minut berhasil menurunkan angka kriminalitas secara berturut-turut, pada tahun 2016 – 2017 turun 94 kasus (11,26 %) dan tahun 2017 – 2018 terjadi penurunan tindak pidana sebanyak 364 kasus (49,12%).

“Kriminalitas merupakan bayang – bayang dari peradaban karena dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan bertambah pula kriminalitas yang terjadi, dan di tahun 2018 kasus terbanyak yang terjadi masih didominasi kasus penganiyaan,” jelasnya.

Selanjutnya kasus yang menonjol di tahun 2018 adalah kasus Narkoba (TKP Jalan Raya Desa Maumbi), kasus Pembunuhan (TKP Desa Matungkas) dan kasus aniaya mengakibatkan MD (TKP bukit kaki Dian Airmadidi).

Sedangkan untuk kasus lakalantas di tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 31 kasus, dan pelanggaran lantas turun 1.002 pelanggar.

Kapolres juga membeberkan keberhasilan Program unggulan Polres Minut di tahun 2018 meliputi :
1. Meraih peringkat 4 dalam pelayanan SKCK di tingkat Nasional kategori OTS;
2. Polres Minut menjadi Pilot Project Polmas (JICA);
3. Meraih apresiasi dari Kompolnas RI terkait program SIReMiTa; dan
4. Meraih piagam penghargaan dengan predikat “Baik” oleh Kementerian pemberdayaan aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam bidang unit pelayanan publik

Ia juga mengatakan, di tahun 2019 Polres Minut akan melakukan pemantapan Pilot Project Polmas, pembangunan protoype ruangan Yanlink Polres Minut sebagai Pilot Project Yanlink Polda Sulut, efektifitas kegiatan pencegahan kejahatan, pengungkapan dan penyelesaian kasus atensi tunggakkan tahun 2018 (11 kasus), efektifitas penggunaan layanan aplikasi berbasis android SIReMiTa dan mengamankan serta mensukseskan agenda Pemilu 2019.

“Dalam menghadapi perayaan Tahun Baru 2019, agar dilaksanakan dengan wajar dan sederhana tanpa harus melakukan tindakan yang tidak perlu yang dapat merugikan masyarakat sendiri,” tutup Kapolres.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password