Polisi di Way Kanan Lampung Berhasil Ringkus Pemilik Senpi Ilegal dan Sabu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung, Tekab 308 Polres Way Kanan, berhasil  ungkap kasus penyalahgunaan narkoba, senjata api dan amunisi aktif tanpa dokumen yang sah, di café unang lupa Kp. Way Tuba Kec. Way Tuba Kab. Way Kanan, kamis ( 22/02/2018).

Kapolres Way Kanan, AKBP Doni Wahyudi , S.Ik. melalui Kasat Reskrim AKP Yuda Wiranegara mengatakan bahwa pengungkapan ini juga melibatkan satnarkoba Polres Way Kanan yang saat itu mendapat informasi dari masyarakat tentang penyalahgunaan narkoba, yang sangat meresahkan masyarakat. Dari informasi yang diperoleh pada hari rabu tanggal 21 februari 2017 sekira jam 15.00 wib petugas gabungan dari kepolisian melakukan penyelidikan keberadaan tersangka yang diduga memiliki, menyimpan dan membawa narkoba jenis sabu-sabu di lokasi cafe unang lupa,”Ungkap AKP Yuda

Lanjut Kasat Reskrim, setelah dilakukan penyelidikan didapatkan seorang tersangka berusaha melarikan diri  melalui pintu samping cafe dan petugas melakukan pengejaran. Saat  pengejaran,  satu pucuk senpi rakitan bergagang kayu warna coklat dan berisikan amunisi dua butir peluru aktif , milik tersangka jatuh dari kantong celananya, tak jauh dari lokasi pengejaran tersangka berhasil diamankan, saat digeledah disana juga ditemukan narkoba diduga jenis sabu-sabu berat bruto 0,96 gram yang dibuang tersangka dirumput, selanjutnya  tersangka dan barang bukti  dibawa ke kantor Polres Way Kanan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

WhatsApp Image 2018-02-21 at 19.13.17 (3)

” Pelaku inisial AW (41) warga Kp. Lembasung Kec. Blambangan umpu Kab. Way, akan kita tindak tegas untuk kepemilikan senpi dan amunisi. Padahal, hal itu bertentangan dengan hukum. Termasuk dari mana mendapatkan ini juga akan kita dalami, Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Way Kanan guna penyidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Selain itu, Kasat Reskrim menghimbau kepada masyarakat yang masih memiliki senjata api rakitan, “lebih baik diserahkan kepada kami atau babinkamtibmas yang berada di kampung setempat. Dengan demikian ini tidak akan kami proses hukum,” himbaunya.

Pelaku akan dijerat menggunakan pasal 1 ayat (1) undang – undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang senjata api, dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati atau hukuman maksimal 20 tahun penjara.

WhatsApp Image 2018-02-22 at 07.11.28 (2)

Selain itu, mengenai narkoba,  pelaku akan dikenai Pasal 112 Ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dapat diancam  dengan hukuman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama dua belas Tahun. (*)

Penulis : Adi Pranoto / Polres Way kanan

Editor   : Alfian Nur

Publish : Oto adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password