Polda Maluku Utara dan Komunitas Kajih Komitmen Perangi Hoax Jelang Pilgub 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,   Menghadapi pesta demokrasi lima tahunan di Provinsi Maluku Utara yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Malut 2018 mendatang, Polda Maluku Utara terus mengantisipasi adanya informasi hoax yang tersalurkan melalui media masa.

Hal ini disampaikan, Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri, M.Hum. Melalui Kabid Humas AKBP Hendry Badar

Kabid Humas Polda Malut menambahkan, peran media masa baik elaktornik, cetak dan media social (Online) sangat berpengaruh penting pada Pilgub 2018 mendatang, sebab media bisa membuat siatuasi panas menjadi tanang bahkan sebalinya.

“Media juga bisa melakukan aktivitas sampai ke tingkat bawa yang bisa mengakomodir semua data, maka itu media juga bisa meredam situasi misalnya, situasi politik yang naik dan media yang bisa menenangkan itu, dari sisi pemberitaan untuk menyampaikan kepada masyarakat agar berpolitik secara baik dan benar,” Ungkap Kabid Humas.

Untuk itu AKBP Hendry Badar, Polda juga akan memberikan satu pengontrolan terhadap para insan perss di Malut, sebeb media merupakan mitra dari Polda Maluku Utara untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai di tengah masyarakat.

“Kita merupakan dua sisis yang kuat sekali untuk bisa memberikan satu perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa lebih cerdas dalam menghadapi Pilgub 2018 ini,” Ujara AKBP Hendry.

Sementara itu, ketua Komunitas Journalist Hukum dan Kriminal (KAJIH) Malut, Bahrun Anas mengemukakan, langkan antisipasi Polda Malut dalam melakukan pengawasan informasi Hoax jelang Pilgub 2018 juga merupakan langkah yang patut di dukukung, oleh sebab itu, pihaknya dalam waktu dekat juga akan melaksanakan kegiatan dalam bentuk focus group discussion (FGD) dengan meilibatkan Polda, Bawaslu dan beberapa pakar maupun media yang ada di Malut.

Focus group discussion yang akan dilaksanakan oleh Kajih, dalam rengka untuk memberantas adanya informasi Hoax jelang Pilgub, sebab media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang akurat tanpa memihak pada siapapun demi mencipatakn situasi kamptimbas yang aman dan damai.

“Kajih telah berkomitmen untuk perang terhadap informasi Hoax, makanya agenda kami dalam FGD nanti merupakan langkah nyata guna menciptakan Pilgub yang jujur dan adil demi masa depan Malut lima tahun kedepan.

Selain melakuka FGD, pihaknya juga akan mendata seluruh media online yang ada di Malut, sehingga bisa mempermudah Polda Malut untuk melakukan pemantauan terhadap media-media.

“Langkah ini merupakan langkah awal kita sebagai mitra, karena hal ini semata-mata untuk memberikan ketenangan di masyarakat melalui media,” pungkas Ketua Kajih.

Penulis             : Kabid Humas

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password