Kontribusi Bhabinkamtibmas Polsek Selakau Kawal Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id, polda kalbar, polres sambas, polsek selakau. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah mengubah wajah pedesaan Indonesia secara bertahap. Sektor anggaran pembangunan menjadi berdaya dengan amanah regulasi dalam pengalokasiannya yang bersifat wajib. Perubahan juga terlihat dengan semakin banyaknya pelaku dalam pengelolaan Dana Desa. Selain sentra utamanya berada di pundak Pemerintah Desa, instansi terkait juga ikut menjadi bagian di dalamnya.

Seperti kepolisian yang secara langsung dilibatkan dalam proses pengawalan dan pengawasan pengelolaan dana desa dikarenakan adanya MoU lintas Kementerian dan Lembaga Negara. Konsekuensinya, semakin banyak yang terlibat dalam pengawalan Dana Desa yang di tahun 2017 ini menyerap APBN sebanyak 60 triliyun, idealnya akan semakin baik pula dalam pengelolaannya.

Mengantisipasi hal tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Selakau Polres Sambas BRIGPOL A H Simarmata melaksanakan tatap muka koordinasi dengan Kepala Desa Gayung bersambut Bapak Jaini, Pendamping Desa Kecamatan Selakau Bapak Masheri dan Pendamping Lokal Desa Gayung bersambut Ibu Nira tentang pengawasan dan pengelolaan dana desa pada hari Senin 13 November 2017 pukul 11.00 wib.

Kapolsek Selakau IPTU Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H. mengatakan ” peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) penting dalam pengawasan dana desa. Bhabinkamtibmas memiliki fungsi sebagai pencegah, pengawas dan dapat melakukan tindakan represif apabila ditemukan indikasi korupsi dana desa, ” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut Kades diharapkan dapat bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Selakau secara transparan. Demi pembangunan dan kemajuan desa, diharapkan agar tidak melakukan penyimpangan jika tidak ingin berhadapan dengan hukum.

Babinkamtibmas mengingatkan agar jangan sampai ada program desa yang salah sasaran. Program desa yang sudah diajukan harus sesuai dengan ketentuan aturan yang ada. Selain itu Kades dalam menggunakan dana desa tersebut harus sesuai dengan peruntukannya, sehingga dapat mendukung pembangunan dan kemajuan desa .

Selanjutnya diharapkan kepada pemerintah desa untuk transparan menampilkan rencana program penggunaan dana desa di kantor desanya masing-masing, agar seluruh masyarakat bisa ikut memonitor penggunaan dana desa.

Penulis : Albert H Simarmata
Editor : Alfian nunar/nanang purnomo
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password