Ops Ramadniya 2017 di Solo – Latihan Pra Operasi Polresta Surakarta Waspadai Lokasi Rawan Kriminalitas

Polresta Surakarta mewaspadai beberapa titik rawan kriminalitas atau daerah rawan kejahatan menjelang dan selama serta setelah lebaran. Titik-titik kerawanan ini terungkap setelah dilaksanakan latihan pra operasi dengan Tactical Flour di Aula Polresta Surakarta Rabu 14 Juni 2017 pukul 08.00 Wib samapai selesai.

Latihan pra operasi Ramadniya di Polrsta Surakarta ini yang pertama adalah tingkat Polda Jateng yang di ikuti oleh Polres Jajaran Solo Raya yaitu Polresta Surakarta, POolres Sukoharjo,Polres Klaten, Polres Boyolali, Polres Sragen, Polres Karanganyar dan Polres Wonogiri.

Setelah Lap Pra Ops tingkat Polda Jateng maka dilanjutkan dengan Lat Ppra Ops Tingkat Polresta Surakarta dengan di Pimpin langsung oleh Waka Polresta Surakarta AKBP Andi Rifai,S.IK.MH.  Thema Operasi Ramadniya 1438 H / 2017 adalah ” Melaluai Latihan Operasi Kepolisian terpusat kita tingkatkan profesionalisme dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H Guna Mewujudkan situasi yang aman,tertib dan lancar”.

e3c8d8a3-69f7-44cd-bb8a-a945761b304f

Dalam sesi tactical Floor yang di pimpin oleh Kabag Ops Kompol Arief Djoko.SP, mengatakan kasus kriminalitas menjadi pembahasan utama dalam lat pra ops Ramadniya 2017.  Polresta dan Polres se Soloraya mulai memetakan wilayah rawan kriminalitas di daerahnya masing-masing. “Setelah memetakan daerah rawan kriminalitas langsung membuat simulasi penindakan di lapangan”.

Kabag Ops memerintahkan semua anggota di Polsek Jajaran untuk meningkatkan pengamanan selama Lebaran. Untuk  wilayah Polresta Surakarta terdapat tujuh lokasi rawan terjadi kriminalitas selama Lebaran.  Ketujuh lokasi tersebut yakni wilayah Karangasem (Laweyan), Fajar Indah (Laweyan), Sumber (Banjarsari), Kadipiro (Banjarsari), Mojosongo (Jebres), Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Keraton Solo (Pasar Kliwon). Untuk mengantisipasinya  maka akan ditempatkan lima personel di masing-masing tujuh lokasi rawan kriminalitas tadi.

Polresta juga bekerjasama dengan Polres di Soloraya untuk menjaga daerah perbatasan baik Wilayah barat perbatasan dengan Colomadu Karanganyar dan Kartasura Sukoharjo. Wilayah selatan perbatasan dengan Sukoharjo dan Wilayah Timur perbatasan dengan Karanganya sertaUtara dengan Karanganyar dan Sragen.

Menurut Kabag Ops Stasiun Purwosari, Jebres, Balapan, Terminal Tirtondi juga menjadi prioritas pengamanan karena rawan terjadi kejahatan. Di empat lokasi tersebut akan dibangun sub pospam dengan petugas dari Polsek Laweyan, Jebres, dan Banjarsari.

“Pengamanan di lokasi rawan kriminalitas akan dilakukan dengan cara menggelar patroli keliling malam hari. Kami mendeteksi jam rawan kriminalitas pada Lebaran terjadi pada malam hari dan pagi hari,” kata
Jelas Kompol Arief Djoko.SP

Penulis : Sumarjo
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password