Wujudkan Program 'Basudara Manise', Polisi Lakukan Pendekatan dengan Masyarakat Pesisir di Maluku

5 April 2023 - 22:24 WIB
Dok. Polda Maluku

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku melakukan pendekatan dengan masyarakat pesisir dalam upaya menjadikan masyarakat sebagai mitra sejajar Polri.

Hal tersebut dilakukan sebagai perwujudan dari program presisi Kapolri dan program unggulan 'Basudara Manise' yang dilaksanakan oleh seluruh Satker Polda Maluku dan jajaran, terutama oleh Ditpolairud Polda Maluku.

"Dalam bulan Ramadan ini, program 'Basudara Manise' dianggap sangat efektif dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat pesisir, karena disamping melakukan patroli dan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat pengguna jasa transportasi laut, personel Ditpolairud Polda Maluku juga berkesempatan untuk duduk bercerita bersama dengan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas," ujar Dirpolairud Polda Maluku, Kombes Pol. Handoyo Santoso dikutip dari Antaranews.com, Selasa (4/4/23).

Baca Juga:Kapolres: Masyarakat Semakin Antusias Sejak 2022 Aplikasi SIKASEP di Launching

Adapun program 'Basudara Manise' Ditpolairud Polda Maluku kali ini dilakukan pada Pelabuhan Speed Mamokeng Desa Tulehu sampai dengan perairan laut Desa Hutumuri, Pelabuhan Rakyat Desa Nusantara, Pelabuhan Rakyat Dobo dan Pelabuhan Ferry Dobo, Maluku.

Pada kesempatan tersebut, Dirpolairud mengimbau masyarakat agar dapat bekerja sama dengan personel sebagai mitra sejajar dalam hal menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas sehingga tetap Kondusif baik didalam maupun diluar lingkungan perusahaan.

Selain itu, personel Ditpolairud juga memberikan pemahaman, dukungan serta motivasi dalam hal pemulihan ekonomi masyarakat dan penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Kombes Pol. Handoyo Santoso, kegiatan ini bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat penumpang maupun pengguna jasa transportasi laut sebagai wujud perlindungan, pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment