Polwan Maluku Berikan Santunan Korban Banjir Dan Longsor di Ambon

26 July 2022 - 22:28 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Maluku. Polwan Polda Maluku menyalurkan bantuan 300 paket sembako kepada korban bencana alam banjir dan longsor di Kecamatan Sirimau dan Baguala, Kota Ambon.

Korban yang mendapat bantuan adalah mereka yang rumahnya rusak terkena banjir maupun tanah longsor akibat hujan deras di Kota Ambon beberapa waktu lalu.

"Ada sebanyak 300 paket bantuan sembako yang kami berikan kepada masyarakat terdampak bencana longsor dan banjir di Kecamatan Baguala dan Sirimau Ambon," jelas Koordinator Polwan Polda Maluku Kompol Sarah LessyLessy di Ambon.

Koordinator Polwan Polda Maluku menambahkan kegiatan ini juga melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di kedua kawasan tersebut. 

 "Ini kami lakukan dalam rangka menyambut HUT Ke-74 Polwan," jelas Koordinator Polwan Polda Maluku.

Diketahui, aksi sosial kemanusiaan yang diberi nama "Mangente Basudara" itu dilaksanakan di Kota Ambon dalam menyongsong HUT Ke-74 Polwan. 

Kegiatan yang dipimpin Kompol Sarah Lessy ini turut dihadiri Wakil Direktur Binmas Polda Maluku AKBP Rositah Umasugi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Maluku, menyatakan sedikitnya 783 kepala keluarga (KK) terdampak banjir dan longsor akibat curah hujan yang tinggi sejak Jumat (8/7/22) pagi.

Ada tujuh titik banjir, 13 titik longsor, dua titik pohon tumbang. Jumlah yang terdampak banjir 770 KK, longsor 13 KK, dan rumah tergenang 715 unit.

Sebanyak 13 titik longsor di Kota Ambon terdapat di dua kecamatan, yakni Sirimau dan Baguala, terjadi di RT003/RW011 Batu Merah (depan Masjid PPN Tantui). 

Patahnya dinding pagar beton menimpa rumah keluarga Aponno di Jalan Inatuni, Kelurahan Amantelu, mengakibatkan satu kamar tidur dan ruang tamu tidak dapat digunakan. Banjir terjadi di sejumlah lokasi,  yakni Desa Hunuth, Waiheru, Batu Merah, Passo, Negeri Lama dan Hative Kecil.


Share this post

Sign in to leave a comment