Polri Kirimkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Jawa Tengah

22 March 2024 - 11:13 WIB
Dokumentasi Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mabes Polri mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir di Demak dan Kudus, Jawa Tengah. Sebanyak 110 personel dan bahan pokok dikirimkan hari ini.

Asisten Kapolri bidang SDM Irjen. Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan, 110 personel itu terdiri dari tim kesehatan, tim trauma healing, polwan siaga bencana, dan tim peliputan Humas Polri. Semuanya akan menjalankan misi kemanusiaan 3 hari pertama dan berkemungkinan diperpanjang dengan pertimbangan kondisi di lapangan.

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin Imbau Kenaikan Tarif Transportasi Jelang Mudik Lebaran dalam Batas Wajar
As SDM menjelaskan, tim ini sifatnya suporting penanganan yang telah dilakukan oleh Polda Jawa Tengah. Oleh karenanya, sesampainya di lokasi bencana, seluruh personel alan langsung berkoordinasi dengan tim di sana.

“Kami memberangkatan tim, yang pertama trauma healing. Karena banjirnya cukup lama, ini kami nanti akan bersinergi dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng untuk penguatan mental para pengungsi terdampak,” jelasnya di Lapangan Baharkam Polri, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/24).

Kemudian untuk tim Dokkes, ujar As SDM, akan melakukan bantuan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi. Lalu, untuk polwan siaga bencana akan memberikan bantuan di dapur lapangan yang telah didirikan.

Ditambahkan Karo Psikologi SDM Polri Brigjen. Pol. Kristiyono, untuk kondisi terakhir daerah terparah memang berada di Demak. Personel yang diberangkatkan pun akan langsung menuju ke Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Meranggen, dan Demak kota.

"Dan ada beberapa titik di Kudus, itu ada tiga titik juga yang terdampak," ungkap Karo Psikologi SDM Polri.

Untuk bahan pokok yang dikirimkan, ungkapnya, berupa mie instan, air mineral, beras, minyak goreng, dan pampers. Kemudian, trauma healing tang diberikan berupa permainan bagi anak-anak dan konseling bagi orang dewasa.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment