Polresta Bulungan Gelar Program Minggu Kasih

31 March 2024 - 18:00 WIB
Polri

Tribratanews.polri.go.id - Tanjung Selor. Kepolisian Resor Kota Bulungan, kembali menggelar program Minggu Kasih. Kali ini, kegiatan ini berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Selor, Kab. Bulungan, Minggu (31/03/2024).

Masyarakat pun dapat secara langsung mengutarakan keluh kesahnya kepada pihak kepolisian.

Kapolresta Bulungan, Kombes. Pol. Agus Nugraha, S.H., S.I.K., M.H., didampingi sejumlah PJU, menjelaskan bahwa dengan adanya program Minggu Kasih yang digelar setiap pekannya.

Dalam keterangannya, ia juga menanyakan perihal situasi dan kondisi di wilayah pelabuhan selama Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Apakah ada hal-hal yang perlu diatensi lebih oleh kepolisian.

Salah satu warga, Bapak Mahmud, menyebutkan bahwa situasi wilayah masih sangat aman. Termasuk, arus lalu lintas juga lancar lantaran dekat sekali dengan Kantor Polair Polresta Bulungan yang tentunya berpengaruh untuk meniadakan aksi kejahatan dan tindak pidana lainnya.


Warga lainnya, Rossy mengatakan bahwa untuk di Pelabuhan VIP sini hanya pada waktu pagi sampai sore aktifnya. Dan selama bulan suci Ramadhan ini memang kalau pagi hari aktivitas masyarakat menurun namun dapat meningkat pada sore hari dan malam hari selepas teraweh.

Baca Juga: Seorang Warga Ditemukan Penuh Luka Senjata Tajam di Jalan Bandara Dekai Yuhukimo

Selanjutnya, Kapolresta mengatakan bahwa pihaknya bersyukur jika situasi kamtibmas sekitar Pelabuhan VIP ini aman dan kondusif. Namun tentu diharapkan tetap waspada dan meningkatkan kepekaan diri masing-masing terhadap hal-hal yang dapat menjadi pemicu lahirnya tindak pidana.

“Kami melarang keras tindakan tersebut dan akan menyesuaikannya dengan hukum yang ada. Jadi kami sekalian mengajak kepada Bapak-Bapak sekalian apabila menyaksikan adanya balapan motor atau balapan lari liar segera hubungi saya atau call center Polresta Bulungan di 110,” jelasnya.

Ia menyampaikan terkait Situasi Kamtibmas pada saat Bulan Ramadan 1445 H/2024 M. Pihaknya mengajak agar bersama dapat meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah selama Bulan Suci Ramadan.

Menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Hindari kegiatan yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa. Dilarang menyalakan kembang api/petasan dan sejenisnya yang mengganggu ketertiban umum serta dapat mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Dilarang kebut-kebutan, balapan liar berupa balap motor liar dengan knalpot brong serta balapan lari liar. Selalu waspada akan tindak kejahatan dan bisa melindungi diri sendiri apabila mendapatkan tindak kejahatan dari orang lain.
Selain itu, antisipasi kebakaran rumah dengan cara memastikan aliran listrik yang digunakan menggunakan kabel yang SNI, tidak melebihi beban listrik yang ada dan pastikan kompor atau tungku pembakaran yang ada di rumah telah mati sebelum meninggalkan rumah untuk bepergian sementara ataupun melaksanakan cuti/liburan.

“Silahkan, hubungi kantor Polisi terdekat jika mengalami tindak kejahatan atau bisa melalu call center Polresta Bulungan 110,” tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment