HUT ke-42 Satuan Pengamanan, Kapolda Maluku Anugerahi Penghargaan kepada 3 Satpam Berprestasi

31 January 2023 - 10:40 WIB
Foto : Dok. Polda Maluku

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Dalam momen HUT ke-42 Satuan Pengamanan (Satpam), Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mendorong agar Satpam dapat bekerja secara profesional dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Senin (30/1/23).

Hadir dalam upacara HUT Satpam tersebut, yakni Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen. TNI Asep Abdurachman, Wakapolda Maluku, Brigen. Pol. Stephen M. Napiun, Wadanlantamal IX Ambon, Sekda Maluku dan para Pejabat Utama Polda Maluku.

Baca juga : Terkenal Sebagai Sektor Pertanian, Kapolda DIY Berikan Bantuan Alat Pertanian Kepada Petani Milenial di Sleman

"Satpam harus dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan kamtibmas secara swakarsa," ungkap Kapolda Maluku di Lapangan Letkol. Pol. Chr. Tahapary, Tantui, Kota Ambon, dilansir dari antaranews.com, Senin (30/1/23).

Kapolda Maluku mengungkapkan, dalam memelihara kamtibmas, Polri tidak bisa melakukannya sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan, sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Kapolda Maluku saat membacakan Amanat dari Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengungkapkan, kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Untuk mendukung tugas Polri guna menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing-masing.

Satpam juga diminta untuk senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas. 

Kapolda Maluku meminta Satpam untuk menjunjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas Satpam di mana pun berada.

"Saya berharap rekan-rekan satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo Satpam," ungkap Kapolda Maluku.

Dalam upacara peringatan HUT Satpam ke-42, Kapolda Maluku juga memberikan penghargaan kepada 3 personil Satpam berprestasi atas dedikasi dan sinergitas dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya. 

Di antaranya Lucas Hattu, koordinator Satpam di Kantor BPK RI Perwakilan Wilayah Maluku. Kemudian Scorpio Rihard Wabula, yang bertugas sebagai anggota Satpam pada PT Pertamina PTC IT Wayame, dan Franisca Eglesya Yatupun, yang bertugas di Kantor Wilayah Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Kapolda Maluku mengungkapkan, peningkatan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas Satpam adalah kewajiban Polda Maluku dan jajaran juga untuk membina personil Satpam. Pembinaan dilakukan mulai dari etika, perilaku dan tugas pokok tindakan Kepolisian pertama non yustisial di lapangan.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment