Brigadir Fitriani Sabet Penghargaan Hoegeng Award 2023 Kategori Polisi Berdedikasi

14 July 2023 - 21:31 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Brigadir Fitriani Maisyarah menyabet penghargaan Hoegeng Award 2023 dengan kategori Polisi Berdedikasi.

Penghargaan itu diterima Brigadir Fitriani dalam acara puncak yang diselenggarakan di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Jumat (14/7/23).

Mengutip dari Detik.com, Brigadir Fitriani diusulkan masyarakat dalam Hoegeng Awards 2023 kategori Polisi Berdedikasi. Menurut warga, peran Polwan yang satu ini begitu vital untuk penanganan kebakaran hutan di Desa Haringen. Aksi dan program Brigadir Fitriani sebagai Bhabinkamtibmas di desa tersebut dinilai bisa menekan angka kebakaran hutan.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Hoegeng Award 2023 Jadi Pengakuan Anggota yang Berdedikasi, Berintegritas, dan Inovatif

Brigadir Fitriani memiliki beberapa cara untuk bisa menekan angka kebakaran hutan di Desa Haringen. Salah satunya dengan mengumpulkan masyarakat, khususnya para pemilik lahan hutan atau perkebunan, untuk sosialisasi mengenai bahaya kebakaran hutan.

Dampak dari pendekatan itu, masyarakat pemilik lahan yang terpaksa membakar hutan untuk membuka lahan akan berkoordinasi dulu ke Brigadir Fitriani dan perangkat desa setempat untuk dilakukan pendampingan agar mencegah perluasan titik api.

Cara lainnya adalah Brigadir Fitriani membuat kendaraan (sepeda motor) modifikasi yang bisa menjangkau hingga ke tengah hutan. Kendaraan itu diciptakannya saat mengikuti perlombaan cipta inovasi dari Polda Kalteng. Motor modifikasi Brigadir Fitriani ini dipasang alat untuk semacam menyedot air lengkap dengan selangnya yang akan digunakan untuk memadamkan api.

Tak hanya itu, Brigadir Fitriani dikenal sebagai polwan yang cepat tanggap atas aduan masyarakat. Dia juga peduli terhadap korban bencana alam, salah satunya saat banjir bandang melanda kawasan Desa Haringen. Brigadir Fitriani dengan sigap dan berani menerjang banjir bandang demi menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment