Anak-anak Intan Jaya Ikuti Lomba Ikrar Sumpah Pemuda

24 October 2022 - 18:50 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Sugapa. Satgas Binmas Ops Damai Cartenz wilayah Intan Jaya menggelar lomba mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda dalam rangka Memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tanggal 28 Oktober 2022. Kegiatan lomba baca Ikrar Sumpah Pemuda tersebut diinisiasi oleh Binmas Noken yang dipimpin Ipda Arisandi Tancoma, SH didampingi personelnya Ipda Engel Mayor dan guru sekolah SD Inpres Yokatapa, serta diikuti oleh anak-anak Binaan Binmas Noken Wilayah Intan Jaya, bertempat di Mapolsek Sugapa, Senin (24/10/2022).

Dalam kesempatannya, Ipda Arisandi Tancoma, SH selaku Korwil mengungkapkan, peranan anak muda dalam perjalanan bangsa Indonesia memiliki peranan penting. Mulai dari kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, hingga kemerdekaan digagas oleh pemuda. Oleh karenanya, kini anak-anak muda Tanah Air khususnya di Tanah Papua diharapkan mampu menjadi proklamator masa kini dan membawa Indonesia bangkit mengejar ketertinggalan.

"Digelarnya lomba baca teks Sumpah Pemuda bukan hanya untuk memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda namun juga sekaligus sebagai pengetahuan para siswa-siswi yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), tentang sejarah perjuangan bangsa khususnya pemuda dan sebagai wawasan kebangsaan," ujar Ipda Aris.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Ajak Anak-anak Papua Hafalkan Ikrar Sumpah Pemuda

Ia juga mengharapkan dari lomba ini dapat membentuk karakter yang baik bagi anak anak yang duduk di bangku Sekolah. Sehingga akan membentuk karakter dan pribadi yang baik bagi para pelajar. Karena teks Sumpah Pemuda adalah ikrar para pemuda Indonesia 94 tahun yang lalu tepatnya pada 28 Oktober 1928 yang menyampingkan semua perbedaan dan bersumpah, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia.

Sementara itu ditempat terpisah Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz KBP Ahmad Musthofa Kamal, SH saat dikonfirmasi mengatakan, lomba membaca teks Sumpah Pemuda ini adalah sebagai salah satu bentuk implementasi para siswa-siswi khususnya di wilayah Pedalaman Papua Untuk dapat terus meningkatkan semangat juang serta menumbuhkan rasa Nasionalisme terhadap NKRI.

Ibu Guru Servin selaku guru di SD Yokatapa mengucapkan terima kasihnya kepada Polri atas digelarnya Lomba ini.

"Lomba ini adalah kali pertama digelar untuk anak-anak sekolah kami, tentunya menjadi warna tersendiri bagi para pelajar dan sangat positif," tutupnya.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment