Menteri PPPA Tekankan Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Digital oleh Anak-anak

19 July 2024 - 09:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menekankan pentingnya anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan digital.

Hal itu menjadi salah satu upaya membentengi diri dari dampak negatif teknologi digital di ranah daring.

"Kita semua, baik anak-anak maupun dewasa perlu bergandengan tangan untuk meningkatkan kecerdasan digital, untuk menjadi salah satu benteng digital di ranah daring," ungkap Menteri Bintang Puspayoga, Kamis (18/7/24).

Menteri Bintang mengatakan anak Indonesia merupakan generasi masa depan yang penuh potensi. Mereka tumbuh di era dimana teknologi dan internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Tottehnham Hotspur Menang Mudah 5-1 dari Heart of Midlothian

"Namun dengan semua kecanggihan dan kesempatan yang ditawarkan internet juga datanglah tanggung jawab besar untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab. Namun sayangnya, tidak semua anak dapat memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal," ujar Menteri Bintang.

Menurut dia, ada banyak anak yang menjadi korban akibat penyalahgunaan internet, seperti adiksi gawai, adiksi game online, judi online, bahkan banyak anak yang data pribadinya tersebar dan mendapat kekerasan serta eksploitasi ekonomi maupun seksual.

Oleh karena itu, pihaknya berharap anak-anak mampu mengembangkan potensi diri, lebih percaya diri, dan melek dunia digital dengan aman dan sehat.

"Teruslah perkaya diri sebanyak-banyaknya dengan karya positif," ujar Menteri Bintang Puspayoga.

(ndt/hn/nm)

in PPPA

Share this post

Sign in to leave a comment