Komnas Perempuan: Kasus Pelecehan dan Perkosaan Dominasi Bentuk Kekerasan Perempuan di Sepanjang 2022

9 March 2023 - 20:00 WIB
Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Anggota Komnas Perempuan Theresia Iswarini mengatakan pengaduan kasus pelecehan seksual dan perkosaan mendominasi bentuk kekerasan terhadap perempuan di ranah publik sepanjang 2022. Selama 2022, Komnas Perempuan menerima pengaduan 869 kasus kekerasan di ranah siber.

"Pelecehan seksual dan perkosaan menempati angka tertinggi bentuk kekerasan di ranah publik, diikuti trafficking, kekerasan fisik, kekerasan seksual, penganiayaan, dan pencabulan," ujar Theresia Iswarini saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis (8/3/2023).

Baca juga : Kemen PPPA akan Bantu Pendidikan Anak Korban Kekerasan di Cimahi

Komnas Perempuan juga mencatat tingginya jumlah pengaduan kasus kekerasan di ruang siber selama 2022. "Data menunjukkan kekerasan di ruang siber masih tetap tinggi seperti tahun sebelumnya, berdasarkan aduan yang masuk ke Komnas Perempuan," jelas Theresia Iswarini.

Kemudian disusul kekerasan di tempat tinggal sebanyak 136 kasus dan kekerasan di tempat kerja dengan 115 kasus. Terkait hal ini Komnas Perempuan pun mendorong aturan pelaksana Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) agar segera diterbitkan.

"Ini menunjukkan bahwa aturan pelaksana UU TPKS penting disegerakan terkait mekanisme penanganan kekerasan seksual berbasis elektronik serta melakukan revisi terhadap UU ITE yang masih mengkriminalisasi korban," tutur Theresia Iswarini.

Sementara jumlah kasus kekerasan di tempat pendidikan tercatat ada 37 kasus atau mengalami peningkatan sekitar 200 persen dibandingkan 2021, yang berjumlah 12 kasus.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment