Berikut Daftar Kiper Paling Banyak Kebobolan di Piala Dunia

22 February 2023 - 07:00 WIB
detikSports

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dalam sepak bola penjaga gawang atau kiper sering kali mendapat sorotan dari pada penyerang. Karena peran kiper begitu besar dan krusial dalam pertandingan. Pemain yang bermain di posisi ini merupakan penjaga terakhir di lini pertahanan.

Baca juga : Liga Inggris, Manchester United Menang 3-0 Atas Leicester City

Namun, ada beberapa kiper paling banyak kebobolan sepanjang bermain di Piala Dunia. Berikut daftarnya, dilansir dari bola.net, Selasa (21/2/23): 

1. Sepp Maier
Kiper legendaris asal Jerman ini sempat 19 kali kebobolan sepanjang penampilannya di Piala Dunia. Sepanjang kariernya, Maier sempat bermain dalam 18 laga di tiga edisi Piala Dunia. Dalam tiap pertandingan, rata-rata, Maier kebobolan 1,05 gol. Catatan kebobolan terbanyak Maier terjadi pada laga kontra Italia pada Semifinal Piala Dunia 1970. Waktu itu, ia harus empat kali memungut bola dari gawangnya. Pada laga tersebut, Jerman kalah dengan skor 3-4.

2. Lev Yashin
Sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia, kiper Uni Soviet ini kebobolan 18 gol. Yashin sempat bermain dalam 13 laga di tiga edisi Piala Dunia. Rata-rata, dalam tiap pertandingan, kiper kelahiran 22 Oktober 1929 ini kebobolan 1,38 gol.
Rekor terbanyak kebobolan Yashin adalah empat gol dalam satu pertandingan. Ini didapat pada laga Grup A Piala Dunia 1962, kontra Kolombia. Pada laga tersebut, Soviet harus rela ditahan imbang 4-4 oleh Kolombia.

3. Kalle Svensson
Penjaga gawang asal Swedia ini kebobolan 22 gol sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia. Svensson sempat tampil dalam sebelas laga di dua edisi Piala Dunia. Rata-rata, dalam tiap laga Piala Dunia, kiper kelahiran 11 November 1925 tersebut harus kebobolan dua gol.
Rekor kebobolan terbanyak Svensson adalah tujuh gol. Hasil ini didapatkannya pada laga Grup A Piala Dunia 1950, kontra Brasil. Dalam laga ini, Swedia harus menelan kekalahan 1-7 dari Tim Samba.

4. Antonio Carbajal
Sepanjang kariernya bermain di Piala Dunia, kiper asal Meksiko ini kebobolan 25 kali. Sepanjang kariernya, Carbajal turun dalam sebelas laga di lima edisi Piala Dunia. Rata-rata, dalam tiap pertandingan, gawangnya kebobolan 2,27 gol.
Catatan kebobolan terbanyak Carbajal dalam satu laga Piala Dunia adalah empat gol. Ada tiga pertandingan di mana kiper kelahiran 7 Juni 1929 itu harus empat kali memungut bola dari gawangnya. Terakhir, ia harus merasakan empat kali kebobolan adalah pada laga Grup 3 Piala Dunia 1958, kontra Hungaria. Dalam laga tersebut, Meksiko kalah empat gol tanpa balas.

5. Mohammad Al-Deayea
Mohammad Al-Deayea menempati posisi puncak dalam daftar lima kiper yang paling banyak kebobolan di Piala Dunia. Kiper asal Arab Saudi ini mencatatkan rekor 25 kali kebobolan sepanjang bermain di Piala Dunia.
Al-Deayea sempat bermain dalam sepuluh laga di tiga edisi Piala Dunia. Rata-rata, dalam tiap laga di Piala Dunia, kiper bertinggi 1,92 meter ini kebobolan 2,5 gol.

Catatan kebobolan terbanyak Al-Deayea terjadi pada laga kontra Jerman di Grup E Piala Dunia 2002. Waktu itu, gawangnya delapan kali dibobol pemain Jerman. Pada laga tersebut, Al-Deayea dan kawan-kawan harus menelan kekalahan delapan gol tanpa balas

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment