Wajib Dicoba! Inilah Makanan Khas Bali dan Nusa Tenggara yang Lezat

30 January 2023 - 20:00 WIB
Dapur Kintamani

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memiliki beragam budaya, termasuk makanan khas. Seperti, Pulau Bali tak hanya terkenal dengan sektor pariwisata. Makanan khas yang mengunggah selera juga harus dicoba. 

Tak kalah dengan Bali, Nusa Tenggara juga memiliki aneka kuliner yang sangat terkenal, lezat dan unik. Karena makanan khas daerah biasanya menggunakan rempah dan bumbu khas dari masing-masing daerah.

Baca juga : 5 Senjata Tradisional Khas Provinsi Riau

Berikut makanan khas Indonesia dari Bali dan Nusa Tenggara, seperti diansir dari kompasiana.com, Senin (30/1/23). 

1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali yang satu ini pasti sudah banyak dikenal. Makanan ini bisa ditemui di setiap warung makan di Bali. Ayam betutu adalah olahan ayam dengan bumbu betutu yang terdiri dari daun jeruk, salam, dan rempah-rempah.

2. Ayam Taliwang

Ini merupakan makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya Lombok. Ayam taliwang berbahan dasar ayam dengan bumbu cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan pelengkap, seperti plecing kangkung.

3. Jagung Bose
Di Nusa Tenggara Timur (NTT), jagung menjadi makanan utama pengganti nasi. Jagung Bose ini makanan yang terdiri dari jagung yang diolah bersama dengan kacang-kacangan dan santan yang dimasak hingga menjadi bubur. Jagung bose biasanya dimakan dengan aneka lauk, seperti ikan tuna goreng.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment