5 Senjata Tradisional Khas Provinsi Riau

29 January 2023 - 12:40 WIB
Kompas.com

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia memiliki aneka ragam budaya dan adat istiadat yang sudah berkembang. Salah satunya Provinsi Riau yang memiliki peninggalan sejarah yang merupakan bagian dari masyarakat melayu yaitu senjata adat Riau yang merupakan senjata tradisional khas dan perlu dilestarikan. Minggu, (29/01/23).

Baca juga : Empat Jenis Senjata Tradisional Khas Sumsel

Berikut 5 senjata tradisional khas Riau yang dilansir dari pinhome.id :

1. Pedang Jenawi

Senjata tradisional Riau yang paling terkenal bernama Pedang Jenawi. tersebut merupakan senjata yang pada jaman dahulu sering dipakai oleh para panglima perang kerajaan Melayu saat berperang. Ukurannya yang cukup panjang, yaitu sekitar 1 meter membuat pedang ini sering dipakai untuk perang tanding jarak jauh.

Pedang Jenawi bentuknya mirip samurai khas Jepang. Oleh sebab itu, diantara ahli sejarah dan budayawan berpendapat bahwa senjata tersebut berasal dari budaya Jepang kuno yang berakulturasi dengan budaya Melayu. Pada saat ini pedang Jenawi sudah dianggap sebagai identitas masyarakat melayu Riau di tingkat nasional.

2. Keris

Bila Anda sebelumnya sering menganggap bahwa keris hanya ada di Jawa, maka sebaiknya Anda coba menjelajahi dan berkeliling ke daerah Sumatera atau negeri Jiran Malaysia. Pasalnya, dalam budaya masyarakat daerah tersebut Anda juga akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka.

Oleh karenanya, dalam hal ini keris juga dapat ditemukan dalam budaya masyarakat Riau. Kendati demikian, keris memiliki keunikan, yaitu jumlah luk (lekukan) yang sedikit serta ukiran pada gagang dan sarungnya yang lebih banyak bermotif flora.

3. Beladau

Beladau adalah senjata tradisional Riau berupa pisau belati yang tajam di satu sisi. Perbedaan Beladau dengan pisau belati pada umumnya adalah Beladau cenderung mempunyai lengkungan di pangkal pegangannya, sehingga gagangnya lebih mudah dipegang dan didorong saat dipakai.

Senjata adat ini panjangnya hanya 24 cm, sehingga sering dipakai sebagai sarana perlindungan diri dari serangan jarak dekat.

4. Kelewang

Kelewang adalah senjata tradisional Riu sejenis golok dengan ujung bilah yang membesar. Pada jaman dahulu, kelewang dipakai oleh para prajurit kerajaan dalam peperangan. Tetapi, pada saat ini lebih sering dipakai para petani untuk membantu kegiatannya di sawah atau di ladang sebagai alat pertanian. 

5. Badik Tumbuk Lada

Senjata adat ini sebenarnya lebih dikenal sebagai senjata tradisional Jambi. Walau demikian, tidak berarti masyarakat Riau tidak mengenal senjata ini. Letak geografis kedua provinsi tersebut membuat budaya mereka tidak jauh berbeda sehingga wajar saja bila Badik Tumbuk Lada juga sebagai salah satu jenis senjata tradisional.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment