Tradisi Khas Lebaran di Indonesia, Ini yang Biasa Dilakukan

23 April 2023 - 07:30 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Tradisi lebaran Idul Fitri di Indonesia menjadi momentum yang paling dinanti-nantikan setiap tahunnya. Indonesia memiliki tradisi hari raya tersendiri dan menjadi kebiasaan yang paling dirindukan.

Dalam setiap Lebaran, masyarakat Indonesia biasanya melaksanakan salat Ied berjamaah di masjid atau di lapangan. Tidak hanya itu, hari raya Idul Fitri di Indonesia juga diperingati sebagai hari libur nasional sehingga momen tersebut sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Dilansir dari Detik, berikut tradisi khas lebaran di Indonesia yang biasa dilakukan.

1. Mudik
Tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh para perantau di luar kota untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga. Dipilihnya momen Idul Fitri untuk mudik karena di hari tersebut menjadi hari libur nasional dan cuti bersama yang cukup panjang.

2. Halal bi Halal dan Silaturahmi
Tradisi Halal bi Halal dan silaturahmi selalu dilakukan saat lebaran untuk berkunjung dan berkumpul bersama teman, kerabat, dan keluarga besar. Biasanya, saat berkunjung juga terdapat budaya sungkeman atau menyalami orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan dan saling memohon maaf.

3. Makan Ketupat
Makan ketupat juga menjadi tradisi setiap kali lebaran di Indonesia. Selepas pulang dari salat Ied, biasanya keluarga berkumpul dan menikmati hidangan ketupat bersama.

4. Menyediakan Kue
Jelang lebaran, kue-kue kering biasanya banyak dijajakan di pasar tradisional hingga mal. Banyak juga orang-orang Indonesia yang membuat kue sendiri di bulan Ramadan untuk menyambut lebaran.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Terjunkan 6.500 Personel Amankan Idul Fitri di Jakarta

5. Membagikan THR
THR (Tunjangan Hari Raya) saat lebaran seringkali dimaknai sebagai pemberian uang saku atau uang hadiah untuk anak-anak kecil, baik keponakan, sepupu, kerabat, tetangga, remaja, bahkan orang dewasa muda yang belum berkeluarga. Di Indonesia, beberapa perusahaan biasanya juga membagikan THR bagi para karyawannya sesuai dengan standar ketetapan pemerintah.

6. Mengenakan Baju Baru
Mengenakan baju baru saat lebaran menjadi ciri khas sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbelanja baju menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu saat hari lebaran. Bahkan, sejak awal bulan Ramadan pun sudah banyak ditemukan promo-promo lebaran dimana-mana bagi para pemburu baju baru.

7. Mengirim Parcel Lebaran
Mengirim parcel lebaran biasanya dijadikan sebagai bagian dari silaturahmi ketika berkunjung ke rumah sanak saudara atau kerabat terdekat. Biasanya, isi parcel lebaran dapat berupa kue, sirup, teh, camilan, makanan kaleng, hingga barang-barang unik lainnya.

8. Takbiran
Takbiran merupakan tradisi khas di Indonesia yang berlangsung di malam hari sebelum lebaran tiba. Orang-orang akan berkeliling seraya mengumandangkan takbir dan menabuh bedug dengan meriah.

9. Ziarah Kubur
Hari lebaran umumnya juga menjadi momen untuk mengunjungi makam keluarga dan orang tua. Saat melakukan ziarah kubur, umat muslim Indonesia biasanya mendoakan keluarga yang telah mendahuluinya kemudian dilanjutkan dengan menaburkan bunga dan menyiram air.

10. Menyalakan Petasan dan Kembang Api
Sering kali, saat perayaan lebaran di Indonesia, banyak orang yang berjualan serta menyalakan petasan dan kembang api untuk menyambutnya.

11. Mengucapkan Selamat Lebaran
Terakhir, tradisi khas lebaran di Indonesia yang biasa dilakukan yaitu mengucapkan selamat lebaran kepada keluarga, kerabat, teman, tetangga, dan orang-orang sekitarnya. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment