Inilah 5 Danau Terluas Di Indonesia, 3 Diantaranya Ada di Sulawesi

25 November 2022 - 20:20 WIB
Foto : suarapemerintah.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memiliki beragam jenis wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, danau yang banyak tersebar di seluruh penjuru negeri ini. Karena selain sebagai tempat wisata, danau juga berfungsi sebagai Irigasi, jalur transportasi, perikanan, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), serta pengendalian banjir.

Berikut ini 5 danau terluas di Indonesia dilansir dari : msn.com

Baca juga : Inilah Wisata Indonesia yang Mendunia

1. Danau Matano
Danau seluas 224 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 590 meter ini berada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai salah satu yang terluas, danau ini juga mendapat predikat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dengan urutan ke-8 di dunia.

2. Danau Poso
Danau terluas di Indonesia berikutnya juga berasal dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Tentena, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau Poso memiliki luas 323,2 kilometer persegi, dengan luas kedalaman maksimum mencapai 450 meter.

3. Danau Towuti
Danau ini juga terletak di Pulau Selawesi, tepatnya di Kabupaten Lowu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai salah satu danau terluas di Indonesia, danau ini juga menyandang predikat sebagai danau purba tertua di Indonesia. Melansir dari Nativeindonesia.com, Danau Towuti memiliki luas 561,1 kilometer persegi dengan kedalaman yang mencapai 203 meter.

4. Danau Sentarum
Danau terluas selanjutnya berasal dari Provinsi Kalimantan Barat dengan nama Danau Sentarum. Danau ini memiliki luas 275 kilometer persegi dengan kedalaman yang mencapai 8 meter.

Danau Sentarum tergolong sebagai floodplain, yaitu danau yang terbentuk akibat luapan sungai yang membanjiri daratan.

5. Danau Toba
Danau terluas di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas mencapai 1145 kilometer persegi. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung api Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment