Inilah Wisata Indonesia yang Mendunia

21 November 2022 - 13:21 WIB
Foto : cnnindonesia.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia sebagai negara tropis, dengan kepulauan yang kaya akan pemandangan alam dan juga keindahan wisata alam Indonesia yang membuat banyak turis asing atau mancanegara datang hingga ke pelosok Indonesia.

Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Senin (21/11/22), setiap pulau di Indonesia memiliki tempat wisata unik masing-masing. Berikut tempat wisata Indonesia yang telah mendunia.

Baca juga : Berikut 7 Keajaiban Dunia di Indonesia, Menarik Untuk Dikunjungi

1. Goa Jomblang
Merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia dan termasuk salah satu wisata ikonik di Jawa Tengah. Di wisata ini pengunjung akan diajak turun ke perut bumi sedalam 80 meter. Turunnya pun terbilang menantang, karena bukan turun dengan tangga melainkan teknik tali tunggal berbekal keamanan lengkap.

Yang menjadikan tempat ini begitu dikenal di dunia adalah masuk dan jatuhnya cahaya matahari dari celah-celah dan lubang goa. Sehingga menciptakan keindahan alami yang menakjubkan.

2. Borobudur
Kemegahan dan sejarah Candi Borobudur telah dikenal dunia sejak lama. UNESCO bahkan menetapkan Borobudur sebagai warisan dunia pada 1991.

3. Prambanan
Sama seperti Borobudur, ini juga merupakan warisan dunia yang diakui UNESCO pada 1991. Karena nilai sejarah dan arsitekturnya membuat Candi Prambanan menjadi tempat wisata yang mendunia.

4. Kawah Ijen
Selain keindahan kawahnya, Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur ini dikenal karena fenomena alam api biru yang hanya bisa dilihat saat malam hari. Fenomena api biru hanya ada dua di dunia, Islandia dan Indonesia.

5. Gunung Bromo
Kemegahan pemandangan Gunung Bromo seperti negeri atas awan. Selain melihat megahnya gunung dari ketinggian, juga bisa melihat kawah Bromo.

6. Air Terjun Tumpak Sewu
Disebut sebagai air terjun Niagaranya Jawa Timur. Air terjun dikenal dunia berkat media sosial Instagram yang banyak membagikan keindahan air terjun dari berbagai sisi.

7. Green Canyon Cukang Taneuh
Kebanyakan wisatawan menyebut sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Karena dapat menikmati keindahan batu karang dengan sungai berkelok dan dipadati tumbuhan hijau sambil body rafting.

8. Ubud
Ubud mendunia karena kaya akan seni, sejarah, dan keindahan alamnya. Banyak lokasi wisata alam yang bisa di jelajahi di Ubud.

9. Taman Nasional Bali Barat
Taman nasional bali barat memiliki beberapa jenis hutan, sabana, dan pantai. Baik darat dan lautnya layak kamu eksplor, termasuk Pulau Menjangan.

10. Labuan Bajo
Eksotisme Pulau Padar ini menjadikannya salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia sejak lama. Pulau Labuan Bajo sendiri memiliki tempat wisata menarik seperti Goa Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Wae Rebo, Sawah Lingko, Gua Rangko, Pulau Padar, Pink Beach, Pulau Komodo.

11. Sumba
Dengan segudang wisata alam yang mendunia, mulai dari Weekuri Lagoon, desa adat tradisional, Pantai Bawana, air terjun Waimarang, air terjun Tanggedu, air terjun Matayangu, situs kuno, Pantai Walakiri, air terjun Kanabu Wai, Bukit Wairinding hingga Nihiwatu.

12. Tangkahan Eco Park
Destinasi ekowisata di Langkat, Sumatera Utara ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Pamornya yang mendunia disebut wisatawan asing sebagai The Hidden Paradise of Sumatera.

13. Danau Toba
Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi menjadi ikon bagi wisata Sumatera. Danau alami yang terletak di dataran tinggi dengan pulau vulkanik di tengahnya, yakni pulau Samosir.

14. Taman Nasional Gunung Leuser
UNESCO memasukkan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai warisan dunia pada 2004. Di taman nasional ini bisa melihat ragam flora dan fauna seperti gajah sumatra, orang utan, badak sumatera, harimau sumatera, dan kegiatan alam lainnya.

15. Derawan
Salah satu destinasi unik yang mendunia di Derawan adalah ubur-ubur air tawar di Pulau Kakaban. Selain itu juga terdapat danau labuan cermin, dan menyelam untuk melihat whale shark atau hiu paus.

16. Wakatobi
Keindahan bawah lautnya menjadikannya sebagai tempat wisata Indonesia yang mendunia. Destinasi wisata paling ikonik di Sulawesi ini terkenal dengan keindahan bawah laut dan biota lautnya. Nama Wakatobi diambil dari nama empat gugusan pulau yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

17. Raja Ampat
Pulau Misool Raja Ampat adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia. Raja Ampat tempat wisata terakhir dari daftar tempat wisata Indonesia yang mendunia. Ada 5 tempat tersohor yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Pianemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point (Misool), dan puncak harfat.

(bg/hn/um)

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment