Mengenal Kucing Busok Asli Madura yang Mendunia

10 November 2022 - 20:21 WIB
Foto : (goodnewsfromindonesia.id)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia ternyata punya ras kucing asli dari Madura, Jawa Timur. Kucing ras asli Indonesia yang dimaksud adalah kucing Busok. Kuning ras merupakan satwa endemik yang berasal dari Pulau Raas, Sumenep, Madura Jawa Timur. Nama busok artinya abu-abu. Sebagaimana tubuh kucing busok asli yang didominasi warna abu-abu kebiruan.

Baca juga : Inilah 7 Danau di Indonesia yang Menakjubkan

Seperti dilansir dari idntimes, Kamis (10/11/22), beberapa ahli menyatakan kucing busok memiliki nenek moyang kucing korat. Asumsi ini berdasarkan pada warnanya yang kebiruan dan ujung ekor membengkok sebagaimana kucing Asia lainnya. Kucing raas memiliki warna solid.

Anda bisa menjumpai kucing raas berwarna kecokelatan, hitam, kebiruan, atau abu-abu. Namun, ada juga yang berwarna kombinasi. Ciri utamanya adalah mata hijau dan gelap dengan wajah serta telinga berbentuk segitiga. Kucing jenis ini memiliki ekor yang menekuk.

Jika dibanding kucing domestik, kucing raas memiliki tubuh lebih besar. Rata-rata ukuran fisiknya mencapai 60 sentimeter dengan berat hingga 6,8 kilogram. Sekilas, kamu bisa melihat ekspresi kucing busok yang jutek. Ekspresi tersebut mirip kepribadiannya, kucing busok termasuk ras yang energik dan ceria, tetapi kurang penyayang.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment