KPU Harap Pemilih Pemula Pahami Tahapan Pemilu 2024

15 February 2023 - 09:12 WIB
Antara

Tribratanews.polri.go.id - Batam. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berharap pemilih pemula agar peduli dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. KPU pun terus melakukan sosialisasi tahapan tersebut. 

Komisioner KPU RI Parsadaan Harahap mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk dapat menggaet partisipasi pemilih pemula salah satunya dengan menghadirkan jingle Pemilu 2024 bertajuk 'Memilih untuk Indonesia' dengan nuansa musik yang mewakili generasi muda.

Baca juga : Polda Jateng Bentuk Tim Penangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

"Salah satunya kalau mendengarkan jingle Pemilu 2024 itu bernuansa anak muda, ini harapannya agar anak muda terutama pemilih pemula tertarik untuk ikut dan peduli dalam tahapan pemilu," ujar Parsadaan di Batam, Selasa (14/2/2023).

Ia berharap pemilih pemula dan pemilih yang berusia muda agar mau menggunakan hak pilihnya mendatang. Menurutnya peran semua pemangku kebijakan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota merupakan hal penting dalam menyukseskan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

"Tentunya ini harus bersinergi agar kita berharap nanti akan terlaksana dengan baik serta akan meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024," ujar Parsadaan.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan pihaknya senantiasa bekerja atau jalan terus dalam menyelenggarakan Pemilu Serentak 2024.

"Saya kira KPU jalan terus dalam menjalankan pemilu, tidak dibayang-bayangi oleh situasi apa pun. Kami tetap optimistis menyelenggarakan pemilu," ujar Hasyim usai menghadiri acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024 dan Pembacaan Deklarasi 'Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa' di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/2/2023). 

Hasyim menambahkan KPU juga berkomitmen untuk mengikuti seluruh proses terkait laporan atau pengaduan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) yang ditindak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI atau dugaan pelanggaran oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment