Kompolnas: Sidang Etik Teddy Minahasa Tunjukkan Kredibilitas Polri

31 May 2023 - 09:51 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebut sidang mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Teddy Minahasa sudah menunjukkan kredibilitasnya dari aspek putusan. 

"Sidang yang dilakukan sudah menunjukkan kredibilitasnya dari aspek putusan dan dari aspek-aspek lainnya sehingga menurut saya ini kami dari Kompolnas menghadiri persidangan ini cukup mengapresiasi terhadap jalannya persidangan ini, " ujar Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (31/5/2023). 

Yusuf juga menyebutkan jalannya persidangan terkait kasus ini dilakukan dengan cara terbuka, profesional dan mandiri. "Dengan dibuktikan misalkan salah satunya adalah tim yang ditunjuk menjadi majelis pemutus kredibilitasnya sudah kita mengerti secara bersama-sama dan juga dari kapabilitas di dalam menangani itu sudah kita mengerti secara bersama-sama," jelasnya. 

Baca Juga:  Polisi Sebut Sidang Etik Irjen TM Hadirkan 13 Saksi

Yusuf juga berharap hasil sidang tersebut akan memberikan kemaslahatan bagi semua pihak. "Mudah-mudahan semua hasil yang dilakukan persidangan ini justru akan memberikan kemaslahatan bagi semua pihak, terutama bagi institusi Polisi Republik Indonesia," tutur Yusuf.

Sebelumnya, Komisi Kode Etik Polri memutuskan menjatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) kepada Irjen Pol. Teddy Minahasa.

Selain sanksi PTDH, Komisi Kode Etik Polri juga menjatuhkan sanksi etika, yaitu perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela. Ia terbukti melanggar Pasal 13 ayat 1 PP 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri dan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi Profesi Polri.

(ndt/hn/um)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment