Keunikan Wisata Religi di Gereja Ayam Bukit Rhema

3 August 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bukit Rhema atau yang dikenal Gereja Ayam berada di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sangat ramai dikunjungi. Salah satunya karena muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Magelang memang menjadi kota yang menarik untuk berbagai aktivitas liburan. Termasuk ketika pelesir ke kota ini bersama keluarga saat musim liburan ataupun akhir pekan. Magelang tidak hanya memiliki tempat wisata berupa Candi Borobudur. Ada beberapa kegiatan wisata menarik lain yang bisa kamu lakukan di sekitar candi terbesar tersebut.

Bukit Rhema atau Gereja Ayam merupakan tempat wisata religi di Magelang yang pembangunannya baru mencapai 70%. Walaupun belum rampung pembangunannya, Bukit Rhema sudah ramai dikunjungi Traveler dalam negeri maupun manca negara. Bukit Rhema dikenal juga sebagai spot terbaik untuk melihat sunrise maupun private sunrise. Bukit Rhema berdiri di atas perbukitan Menoreh, Bukit Rhema dikeliling oleh beberapa gunung, di antaranya adalah Gunung Sumbing, Merbabu, Suroloyo, Merapi, serta Sumbing sehingga kita dapat melihat panorama sunrise yang eksotis dari tempat ini, dilansir dari bukitrhema.com.

Apa saja yang bisa kita lakukan di bukit rhema atau gereja ayam ini?

1.  WISATA RELIGI

Bukit Rhema menyediakan beberapa ruang doa pribadi yang tenang bagi siapa saja yang ingin berdoa. Lokasi ruang-ruang doa terletak di lantai bawah tanah gedung merpati.

Ruangan – ruangan tersebut memang khusus untuk berdoa karena sebagaimana Bukit Rhema yang dikenal dengan Gereja Ayam Magelang ini bukan Gereja melainkan Rumah Doa Bagi Segala Bangsa.

Baca Juga:  Pemerintah Siapkan 8.000 Undangan untuk Masyarakat yang Ingin Ikut Upacara Kemerdekaan

2.  WISATA ALAM

Masih ingat pelajaran menggambar waktu masih kecil? Kita diajarkan menggambar 2 gunung dan matahari persis menyembul di tengahnya?

Pastinya kalau kamu datang ke Bukit Rhema, kamu bisa melihat indahnya sunrise di Bukit Rhema. Tak heran banyak orang rela menunggu dari subuh untuk melihat sang mentari muncul d iantara dua gunung. Mungkin inilah yang menjadi inspirasinya pelajaran menggambar kita dulu.

Bukit Rhema dikenal karena menjadi salah satu lokasi Private Sunrise Terbaik dan terindah di Magelang selain Punthuk Setumbu.

3.  WISATA EDUKASI

Setelah melihat matahari terbit dari mahkota Bukit Rhema yang menyerupai ayam ini. Pengunjung bisa melihat sambil berfoto di lukisan-lukisan yang ada di dinding Bukit Rhema ini. Tiap lantai memiliki lukisan dengan tema yang berbeda beda mulai dari bahaya narkoba bagi generasi muda, perjalanan hidup sampai dengan nasionalisme terhadap bangsa kita ini.

4.  WISATA KULINER

Sekarang sudah di Buka Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema. Kedai ini posisinya berada di bagian belakang Bukit Rhema. Pemandangannya pun tak kalah indah dengan pemandangan dari mahkota gedung merpati.

Dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi sambil menghirup wedang hangat tradisional maupun kopi yang dijual di kedai ini membuat kamu betah berlama lama di tempat yang banyak orang menyebutnya Gereja Ayam. Terlebih buat kamu yang datang ke tempat ini, tiap tiket masuk Bukit Rhema yang kamu beli sudah termasuk free Singkong yang diberi nama Latela Gombong Cassava. Singkong yang diolah oleh warga sekitar dan disajikannya dengan sambal tradisional menjadikan rasa singkong ini semakin mantap. Belum pernah makan singkong pakai sambal? Ayo cobain deh di Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema. Rasa singkongnya tidak sama seperti singkong goreng yang biasa kamu makan.

Bukit Rhema selain memiliki arsitektur bangunan yang unik, pemandangan ditempat ini pun sangat indah. Karena memang lokasi bangunan Bukit Rhema yang berada di atas bukit. Kebayang kan gimana rasanya awal membangun proyek ini. Hampir setiap sudut Bukit Rhema menjadi tempat favorit traveler untuk selfie maupun foto bersama karena pemandangannya yang indah.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment