Kapolri Siapkan Skema Contraflow dan One Way di Tol Jelang Natal dan Tahun Baru

24 December 2022 - 08:01 WIB
Indozone.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menjelang Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan di ruas jalan tol guna mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menjelaskan bahwa dua skema rekayasa lalu lintas utama akan diterapkan di Tol Lintas Jawa antara lain contraflow dan one way. Namun hal itu bersifat situasional.

Baca juga : Amankan Nataru, Polda Sulbar Siagakan 1.076 Personel

“Apabila kepadatan sudah masuk ke angka 5 ribu kendaraan kita waspada, kalau sudah masuk ke angka 6 ribu kita waspada dan menerapkan contra flow,” jelas Jenderal Sigit dalam keterangannya dikutip dari mediaindopos.com, Jumat (23/12/22).

Selanjutnya, jika jumlah kendaraan di ruas jalan tol sudah mencapai di atas angka 7 ribu maka petugas di lapangan akan langsung menerapkan skema one way. 

Diketahui, Operasi Lilin 2022 resmi dimulai sejak Jumat (23/12/22) kemarin dan akan dilaksanakan selama sebelas hari hingga Selasa 2 Januari 2023 mendatang. 

Dalam Operasi Lilin 2022 Polri menerjunkan sebanyak 166.000 personel gabungan untuk mengamankan warga yang hendak merayakan Natal dan Pergantian Tahun 2023.

(af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment