Satgasus Pencegahan Korupsi Polri Pantau Pupuk Bersubsidi di Medan

20 November 2022 - 09:42 WIB
Foto: Channel9.id

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Satgasus Pencegahan Korupsi turun langsung dalam memantau ketersediaan pupuk bersubsidi di tingkatan para petani. Dalam hal ini, Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri memantau langsung distribusi pupuk bersubsidi di wilayah Sumatera Utara, guna memastikan ketersediaannya mencukupi dan penyaluran tepat sasaran.

Ketua Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri, Hotman Tambunan, menjelaskan bahwa dalam pementauan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Polda Sumut. Menurut dia, kepolisian daerah memiliki peran strategis dalam mengawasi pupuk subsidi agar tata kelola nya benar dan tidak terjadi penyelewengan.

Baca Juga: Polri Awasi Pembangunan Pasar dengan Dana PEN di Lampung
“Apalagi Kasatreskrim masing-masing wilayah merupakan anggota Komite Pengawasan Pupuk dan Pestida (KP3) kabupaten/kota sehingga peran aktif akan memperkuat dalam pengawasan peredaran pupuk bersubsidi di wilayah,” jelas Hotman Tambunan, Jumat (18/11/22).

Mantan pegawai KPK itu menyampaikan KP3 wajib mengecek ketersediaan pupuk bersubsidi agar petani yang berhak mudah mendapatkannya ketika dibutuhkan ketika mengerjakan lahan pertanian nya.

“Jika diperlukan KP3 juga dapat melakukan tindakan hukum terhadap penyelewengan pupuk subsidi yang mungkin terjadi, baik di tingkat produsen, distributor, hingga kios-kios penyuplai pupuk subsidi,” tuturnya.

(my/hn/um)

in

Share this post

Sign in to leave a comment