Inilah Daftar Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal Lezat

22 November 2022 - 14:28 WIB
Foto : tangerangraya.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memang memliki beragam khas makanan. Salah satunya, makanan khas Sumatera Barat yang terkenal lezat dan wajib dicicipi. Karena diolah dengan bumbu dan rempah yang berbeda dengan daerah lain.

Baca juga : Inilah 6 Tempat Cerita Legenda di Jawa Barat yang Jadi Objek Wisata

1. Dendeng Batokok
Makanan ini disebut juga dendeng lambok oleh warga lokal. Ini merupakan masakan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi.

Ciri khas dendeng batokok adalah irisan daging di-tokok atau dipukul hingga pipih. Setelah daging pipih, goreng dan masak daging dengan sambal cabai merah tumbuk kasar.

2. Dendeng Paru
Ini merupakan makanan khas Sumatera Barat yang menggugah selera. Makanan berbahan dasar paru sapi ini biasanya disantap sebagai pelengkap pada suasana Lebaran bersama opor ayam dan ketupat.

Dendeng paru sapi yang telah direbus, diungkep dengan bumbu dan rempah kemudian digoreng hingga garing dan renyah.

3. Satai Padang
Biasanya sering disebut dengan sate Padang. Berbeda dengan satai berbumbu kacang yang khas di Jawa, makanan ini justru memiliki kuah yang kental.

4.Gulai Tambusu
Masakan dari usus sapi yang diberi isian tahu dan telur ini, kemudian dimasak dengan kuah santan berbumbu atau biasa dikenal kuah gulai.

5. Rendang Gadih (Tumbuk)
Ini adalah olahan rendang pada umumnya. Bedanya resep rendang gadih, dagingnya ditumbuk, lalu dicampur dengan kelapa sangrai. Kemudian, dibentuk bulat-bulat seperti olahan bakso, bola-bola daging atau perkedel.

(ek/hn/um)

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment