Inilah 6 Tempat Cerita Legenda di Jawa Barat yang Jadi Objek Wisata

18 November 2022 - 16:01 WIB
Foto : kompas.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Jawa Barat memang terkenal dengan legenda berbagai kisah yang dapat ditemukan di beberapa daerah. Beberapa tempatnya pun melekat sampai sekarang dan saat ini menjadi destinasi wisata. Cerita-cerita legenda tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dalam dan luar negeri.

Berikut 6 tempat wisata di Jawa Barat yang merupakan cerita legenda, seperti diilansir dari beritabaik.id, Jumat (18/11/22).

Baca juga : Berikut Ini Ragam Pakaian Adat Riau

1. Gunung Padang
Jawa Barat menyimpan banyak keajaiban. Salah satunya, Situs Megalitikum Gunung Padang yang tertelak di Kabupaten Cianjur. Oleh beberapa ahli sejarah, Gunung Padang disebut sebagai situs tertua di dunia mengalahkan Piramida Gaza yang ada di Mesir.

2. Situ Bagendit
Situ Bagendit merupakan daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Garut. Danau ini memiliki ukuran yang luas sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat di sekitar. Menurut legenda, danau tersebut tercipta akibat keserakahan dari seorang tokoh bernama Nyai Bagendit.

3. Gunung Tangkuban Parahu
Kisah Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Menurut legenda, gunung ini tercipta akibat kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi Dayang Sumbi.

Ada 3 kawah yang bisa ditemukan yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas. Kawah-kawah tersebut terbentuk akibat besarnya letusan gunung beberapa tahun silam. Dari 3 kawah itu, Kawah Ratu paling mudah dijangkau dan menjadi daya tarik utama dari destinasi wisata Tangkuban Parahu.

4. Situ Cangkuang
Selain Situ Bagendit, Kabupaten Garut juga memiliki Situ Cangkuang yang tidak kalah populer. Karena wisatawan bisa menikmati daya tarik danau serta bangunan candi kuno yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad 8 M.

5. Gua Sunyaragi
Gua Sunyaragi merupakan situs bersejarah peninggalan Kesultanan Kasepuhan Cirebon yang konon dibangun pada abad ke-17 hingga 18 M.

6. Kampung Pulo
Selain Situ Cangkuang, di lokasi ini juga terdapat Kampung Pulo yang kaya akan sejarah. Menurut cerita, turun temurun, dulunya Kampung Pulo dihuni Eyang Embah Dalem Arief Muhammad, seorang penyebar agama Islam yang namanya sudah melegenda.

(ek/hn/um)

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment