Berikut Ini Ragam Pakaian Adat Riau

14 November 2022 - 16:09 WIB
kibrispdr.org

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memang kaya akan kebudayaan, mulai dari tarian tradisional sampai pakaian adat. Salah satunya, pakaian adat Riau yang memiliki keunikan dan cirnya yang tersendiri.

Pakaian adat Riau umumnya tertutup dan panjang yang menunjukan nilai kesopanan dan sesuai dengan syariat Islam. Kali ini kita akan membahas beberapa pakaian adat Riau, seperti dilansir dari orami.co.id, Senin (14/11/22).

Baca juga : Inilah 7 Danau di Indonesia yang Menakjubkan

1. Baju Kebaya Labuh
Baju kebaya labuh juga disebut kebaya panjang atau belah labuh. Baju ini memiliki panjang tiga jari di bawah lutut atau sampai betis. Bentuk busana tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit.

Panjang lengan kebaya labuh berkisar dua jari dari pergelangan tangan. Sehingga bisa memperlihatkan gelang yang dipakai.

2. Baju kurung
Baju kurung biasanya dikenakan kaum perempuan segala usia. Bentuk bajunya berlengan panjang, dengan panjang sedikit di atas lutut.

Untuk baju kurung yang dikenakan sehari-hari di rumah panjangnya sepinggang atau sedikit di bawah pinggang. Model bajunya longgar dan tidak boleh ketat atau memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh si pemakai.

3. Baju Cekak Musang
Bentuk pakaian adat ini mirip dengan busana Teluk Belanga. Model bajunya, berkerah dan tidak berkancing. Padq bagian leher berbelah ke bawah sepanjang kurang lebih 5 cm.

Tujuannya agar mudah ketika dipakai atau dimasukkan dari atas melalui kepala. Terdapat 3 kantong pada bagian muka baju. Satu di bagian atas sebelah kiri dan dua buah kantong di bagian bawah.

4. Baju Teluk Belanga
Pakaian adat ini untuk laki-laki disebut baju Teluk Belanga. Modelnya, berkerah dan berkancing dengan memakai kancing tep, kancing emas atau kancing permata. Lengan bajunya lebar, agak longgar dengan panjang agak menutup pergelangan tangan.

Umumnya busana ini dibuat setelan dengan celana dan terbuat dari katun atau bahan lain yang berwarna polos.

5. Tenun Songket Riau
Tenun songket merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Riau. Selain sebagai oleh-oleh, songket juga digunakan sebagai bagian dari pakaian adat. Songket Riau memiliki corak motif yang khas dan ditenun menggunakan benang sutra atau kapas. Kemudian, songket ditenun dengan diselingi tenunan motif tertentu menggunakan benang emas atau perak.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment