Inilah 5 Minuman Khas Sumatera yang Alami dan Menyehatkan Tubuh

17 November 2022 - 16:42 WIB
Foto : (gotravelly.com)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Saat ini memasuki musim penghujan, hal yang biasa jadi incaran ialah makanan hangat yang berkuah. Tak tinggalan, begitu minuman hangat pun jadi incaran. Jika memiliki lidah petualang rasa, tentu tidak ragu mencicipi makanan dan minuman yang asing. Apalagi, Indonesia mempunyai beragam minuman khas di setiap daerahnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Jelaskan Makna Patung GWK di Gala Dinner KTT G20

Selain terkenal karena kekayaan dan kelezatan makanannya, Sumatera juga memiliki banyak minuman tradisional. Inilah 5 minuman khas Sumatera yang alami dan menyehatkan bagi tubuh, seperti dilansir dari idntimes.com, Kamis (17/11/22).

1. Teh Tarik
Untuk membuat teh tarik yang populer di Aceh, cukup menggunakan tiga bahan. Yaitu gula, susu kental manis, atau susu evaporasi. Seduh semua bahan menjadi satu, kemudian dituangkan dari satu gelas ke gelas lain dengan cara ditarik.

Berhasilnya suatu teh tarik tidak hanya dirasa, tapi juga buih di permukaan teh. Karena buih itu memberikan sensasi unik pertama kali diminum.

2. Teh Talua
Kalau teh tarik menyatukan teh dengan susu. Lain lagi dengan teh talua yang menyatukan teh, telur, dan sedikit perasan jeruk nipis. Jenis telur yang digunakan untuk teh ini adalah telur ayam kampung. Karena dianggap memiliki khasiat memulihkan energi tubuh.

3. Ie Seureubet
Minuman ini semacam bandrek khas Aceh yang diracik dari berbagai macam rempah. Terdiri dari jahe, cengkih, lada, sampai kayu manis. Banyak orang percaya minuman ini memiliki khasiat seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan memulihkan tenaga usai beraktivitas.

4. Teh Telur Susu
Jika lidah kamu belum terbiasa dengan teh talua, maka teh telur susu ini bisa jadi alternatif. Sebab, teh ini menambahkan susu sehingga aroma telur tak begitu menyengat. Selain itu, tersisip rasa gurih dari susu yang bikin rasa teh ini makin menarik di lidah.

5. Kopi Luwak Durian
Perpaduan aroma kopi luwak yang khas bertemu dengan wangi buah durian. Untuk segera meminum ditambah memakan daging durian.

(ek/hn/um)

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment