Inilah 4 Negara Pendiri Seni Bela Diri, Indonesia Salah Satunya

29 December 2022 - 07:00 WIB
inews.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Seni bela diri di suatu negara merupakan sebuah bentuk gerakan yang terdiri dari berbagai gerak yang dilakukan secara berulang dalam kondisi pertarungan. Sehingga seni bela diri menjadi bentuk pertahanan diri saat sedang berada situasi ancaman.

Baca juga : Bali Jadi Destinasi Favorit Turis Dunia saat Musim Dingin

Selain itu, bela diri juga menjadi salah satu cabang olahraga yang kerap di tampilkan dalam sebuah turnamen. Beberapa negara di dunia memiliki seni bela diri yang berasal dari kebudayaan dan telah menjadi tradisi turun temurun.

Berikut adalah 4 negara teratas pendiri seni bela diri populer di dunia, seperti dilansir dari inews.id, Rabu (28/12/22).

1. Jepang
Jepang merupakan salah satu pendiri seni bela diri di dunia. Beberapa seni bela diri yang terkenal di dunia, di antaranya judo, karate, jiu-jitsu serta ninjutsu. Salah satu seni bela diri asal Jepang yang dianggap mematikan adalah Ninjutsu.

2. China
Negara ini juga menjadi salah satu pendiri seni bela diri di dunia. Seni bela diri tertua di dunia yang mendunia, yaitu Kungfu. Seni bela diri kungfu ini mengandalkan kecepatan tangan kosong untuk menyerang lawan.

3. Korea Selatan
Taekwondo merupakan seni bela diri yang ditandingkan dalam Olimpiade. Seni bela diri asal negeri ginseng ini mempunyai ciri khas gerakan kaki atau tendangan. Karena Taekwondo memusatkan di hampir 70 persen berada di kaki dan 30 persen di tangan.

4. Indonesia
Seni bela diri asal Indonesia yang mendunia, yakni Pencak Silat. Bahkan sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 12 Desember 2019.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment